Uncategorized

1082 Hektare Lahan Terancam Gagal Panen

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Jateng Suryo Banendro menyebutkan bahwa ada sekitar 1082 Hektare sawah yang terancam gagal panen karena diserang wereng.

Serangan wereng batang coklat itu menyerang di tujuh kabupaten/kota yakni Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Temanggung, Karanganyar, Magelang dan Banjarnegara.

Ia mengatakan itu saat Gerakan Pengendalian Hama Wereng Batang Coklat di Kelurahan Karangsentul, Kecamatan Padamara, Purbalingga, Jumat (24/1) kemarin. Ia meminta petani menangani wereng secara intensif.

Sejauh ini, di Banyumas sudah didirikan posko pengendalian hama wereng. “Kami masih optimis hama wereng bisa dibasmi. Tentunya dengan penanganan yang terpadu,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Dintanbunhut) Purbalingga Lily Purwati mengatakan serangan wereng dipengaruhi kondisi cuaca dengan hujan yang tinggi, ketahanan varietas dan pola tanam.

“Di Purbalingga serangan wereng sangat mengkhawatirkan,” kata Lily. Serangan wereng tersebar di Bobotsari, Mrebet, Padamara, Kaligondang, Karanganyar, dan Rembang.

Serangan hama wereng hingga 23 Januari lalu terjadi di 148,575 Hektare areal persawahan. “Kami meminta petani dan penyuluh bisa bersinergi untuk mencegah semakin meluasnya serangan hama wereng,” tuturnya.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.