Plesir

Begini Isi Goa Berlumpur Temuan Sarif

BRALING.COM, KARANGREJA – Goa yang ditemukan Sarif Priyatno di sawah di Desa/Kecamatan Karangreja kemungkinan sedalam 20 meter. Di dalamnya, terdapat dua jalur.

Tim pemeriksa goa yang dimotori oleh Paguyuban Wisata Purbalingga (wisbangga) telah masuk sedalam 12 meter dengan cara merangkak di antara lumpur.

Ketua Wisbangga, Syafii menjelaskan bahwa lubang menuju sisi kanan dimungkinkan menuju aliran sungai karena air dari persawahan masuk kedalam gua dan selanjutnya masuk ke dalam lubang sisi kanan.

“Untuk lubang sisi kiri, jaraknya diperkirakan masih panjang, namun baru bisa dijangkau sekitar 20 meter. Jarak dasar lumpur dengan dinding atas gua sekitar 30 – 40 centimeter. Posisi tubuh hanya bisa cara merayap,” ujar Syafii.

lubang goa sisi kiri masih dipenuhi lumpur. Kemungkinan ketebalan Lumpur sekitar dua meter. “Jika lumpur dikeruk, kami perkirakan baru bisa dilewati dengan posisi tubuh berjalan,” tuturnya.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata Prayitno, goa temuan itu bisa menjadi objek wisata semacam halnya Goa Lawa. Akan tetapi, masih membutuhkan proses eksplorasi yang memakan waktu cukup lama.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan