Uncategorized

Masih Waspada, Warga Kutabawa Biasa Saja

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kendati status Gunung Slamet berlabel Waspada, aktifitas warga di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, berjalan seperti biasa. Kegiatan bercocok tanam masih lancar saja.

“Warga disini sepertinya sudah hafal dengan kondisi Gunung Slamet. Saat status Siaga pada tahun 2009, warga juga tetap tenang dan yakin Gunung Slamet tidak meletus,” Warga Kutabawa, Sugeng, 29 tahun.

Jarak puncak gunung dengan Desa Kutabawa kurang lebih 6-7 Kilometer. Selain itu, ujar Sugeng, posisinya juga terhalang oleh Gunung Malang. Jika terjadi guguran lava, warga yakin, gunung itu akan menghalangi.

“Jika ada aliran lava, kemungkinan arahnya ke wilayah Desa Candinata dan cendana di Kecamatan Kutasari. Wilayah itu berbatasan dengan vegetasi hutan Gunung Slamet,” kata Sugeng.

Mulyanto, warga Dukuh Bambangan lainnya menuturkan, warga siap mengungsi jiia diminta. “Mudah-mudahan Gunung Slamet akan selamat seperti namanya,” harap Mulyanto.

Tim SAR Kabupaten dan SAR Desa terus melakukan pemantauan dan sudah meminta warga untuk mengosongkan Gunung Slamet dari aktifitas pendakian.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan