Pilihan

Amankan Pilpres, Kapolda : 23 Ribu Polisi Siap Diterjunkan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kamis (22/5), Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah Irjen Polisi Drs Nur Ali datang ke Markas Polres Purbalingga untuk mengevaluasi pelaksanaan Pileg sekaligus memantau persiapan Pilpres.

“Pelaksanaan pengamanan pileg sudah dilaksanakan dengan baik, dan selama proses pentahapan Pileg telah berjalan aman dan kondusif. Tadi kita evaluasi bersama lebih kurangnya dimana untuk menghadapi pengamanan pilpres,” kata Kapolda.

Kapolda menegaskan Polda Jateng siap mengamankan pelaksanaan tahapan Pilpres. Polda siap menerjunkan 2/3 kekuatan atau sekitar 23 ribu personil. Polda juga sudah menyiapkan tim pengamanan capres-cawapres bila mau kampanye di Jateng.

Khusus pengamanan di Purbalingga, Kapolda Nur Ali memerintahkan Kapolres untuk menghitung kembali berapa personil harus dikerahkan bersama KPU, Panwaslu dan TNI. Disesuaikan dengan dinamika yang berkembang dan potensi kerawanan yang ada.

“Saya tidak mengatakan harus 2/3, disesuaikan dengan kondisi yang diperlukan. Tapi kalau Jawa Tengah kita siapkan 2/3 kekuatan polri. Dinamikanya terus kita hitung. Kita nggak khawatir karena masih ada kekuatan TNI dan lainnya,” jelasnya.

Menurut Kapolda, potensi kerawanan pada Pileg, dimana banyak partai berkampanye tidak akan sama dengan pelaksanaan pilpres yang hanya diikuti dua kelompok peserta. Ia berharap semua pihak berkomitmen menjaga kondisi tetap aman.

“Dalam pilpres nanti ada dua kekuatan massa, kita hitung seberapa besar ancaman dari berkumpulnya massa masing-masing pendukung capres. Kemungkinan bisa lebih rawan, tapi mudah-mudahan tidak,” harap Kapolda Jateng.

Dalam kunjungan kerja, Kapolda juga beramah tamah dengan Wakil Bupati Tasdi, Ketua DPRD Hartoyo, unsur muspida, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Purbalingga di ruang kerja Kapolres AKBP IK Suwitra Adnyana.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan