Gaya

Tari Sier, Terbaik Festival Seni Tari Jateng

BRALING.COM, PURBALINGGA – Tari Sier garapan Guru SMA 1 Bobotsari sukses menjadi predikat Terbaik I dalam Festival Seni Tari Unggulan tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Tarian Sier juga menjadi duta Kabupaten Purbalingga pada festival yang diikuti oleh 35 kabupaten kota se Jateng berlangsung, di Gedung Ronggo Warsito, Semarang,  Jumat (6/6/2014).

“Tim Purbalingga mendapatkan dua prestasi sekaligus, yakni sebagai Tarian Unggulan terbaik I dan Penata Tari Terbaik. Juara II dari Kabupaten Banjarnegara dan Tegal sebagai III,” kata Kabid Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga,  Sri Kuncoro.

Tarian Sier menampilkan 7 penari yang diambil dari SMPN 1 Purbalingga dan SMAN Bobotsari. Dua penari dari SMAN Bobotsari Nova dan Asiana Devidi, sedangkan lima siswa SMPN 1 Purbalingga masing-masing Hazna Alia, Finna, Tasya, Anisa Gatha dan Dyah Elinawati.

Sier berarti suka, senang. Siti Rofiah menuturkan, ide dasar Tarian Sier adalah dari pengalaman pribadi di ketika ada pesta di desanya, dimana ada suara bedug dan lampu obor. Semua warga merasa senang atau sier.

“Dari ide itu kemudian diambil gerakan-gerakan dasar atau pakem Lengger Banyumasan,” jelasnya seperti dirilis Humas Setda Purbalingga.

Dengan adanya Tari Sier, kini Purbalingga memiliki beberapa tarian unggulan. Sebelumnya sudah ada Tari Ngoser dan Lenggasor yang menyedot perhatian nasional.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.