Pawarta

Lanud Wirasaba Laksanakan Uji Urine

BRALING.COM, PURBALINGGA – Prajurit TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara (Lanud) Wirasaba Purbalingga mengikuti tes urine, Senin (22/9). Uji yang dilakukan Badan Nasional Narkotika (BNK) Purbalingga ini dilaksanakan demi memastikan jajaran TNI AU di Lanud Wirasaba bebas dari penyalagunaan dan peredaran narkoba.

“Kita memastikan untuk para personel, baik prajurit maupun (Pegawai Negeri Sipil) PNS dilingkungan Lanud Wirasaba, termasuk para CPNS, bebas dari kontaminasi, zat terlarang tersebut,” kata tutur Komandan Pangkalan TNI AU Wirasaba Purbalingga Mayor Penerbang Andreas Ardianto Dhewo, saat  pengambilan sampel urin di Aula Lanud Wirasaba.

“Kami memastikan, agar hasil dari tes tersebut, seluruh perwira, prajurit jajaranya terbebas dari narkoba, selain itu, saya juga berharap, agar hasilnya nihil seperti tahun yang lalu. Dan sampai sejauh ini tak ada satupun anggota di jajaran Lanud yang menyalagunakan barang haram tersebut,” imbuh dia.

Kepala BNN Purbalingga Edy Santosa berkata, tujuan dari kerjasama kegiatan tes urin tersebut, merupakan deteksi dini penyalagunaan narkotika, hal ini bukan untuk mencari kesalahan orang, tapi hanya deteksi, serta pencegahan penyalagunaan, dan peredaran barang terlarang.

“Apabila diketahui positif terbukti menggunakan obat terlarang, maka pihaknya akan memanggil yang bersangkutan, serta akan merehabilitasi. Dari tes ini nanti akan diketahui lebih lanjut, dan apabila terlanjur menggunakan, serta terdeteksi yang bersangkutan positif memakai narkoba, kita tanyakan dahulu, apa sedang mengkonsumsi obat dokter atau dari yang lain,” jelas Edi.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.