Plesir

Bupati Sukento Berniat Hidupkan Dermaga Wisata & Congot

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto berniat membangun dermaga di dekat Jembatan Linggamas. Dermaga ini bakal dijadikan dermaga wisata yang mempunyai jalur wisata ke Tempuran Congot yang ada di Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon.

“Nanti kita bangun dermaga disini. Selain untuk wisata penyeberangan juga untuk mendukung trip menuju tempuran Congot. Sehingga wisatanya bisa  berkembang dan mata pencaharian warga tidak hilang. Mungkin bisa kita anggarkan tahun 2015 nanti,” ujar Bupati Sukento.

Wisata Congot yang dikenal sebagai tempat bertemunya aliran Sungai Klawing dan Sungai Serayu. Beberapa tahun lalu, Triyono Budi Sasongko pernah merencanakan Congot sebagai tempat wisata. Namun, sampai sekarang ini tak banyak aktifitas wisata di kawasan ini.

Mendengar hal semacam itu, Kades Kedungbenda, Tosa tentu saja antusias. Ia mengatakan, potensi wisata di Kedungbenda memang perlu didukung dan dikembangkan lebih baik lagi. “Potensi wisata desa kami bukan hanya Congot tapi masih ada beberapa lainya yang dapat dikunjungi wisatawan,” ujar Tosa.

Selain Congot, terdapat Makam Panembahan Wlandang Japlak sebagai  makam yang dikeramatkan oleh warga desa khususnya yang berada di area Congot. Tak jauh dari area Congot juga terdapat situs kuno yang merupakan peninggalan dari masa Hindu-Budha,berupa batu besar dengan panjang  sekitar  1 m dan diameter 30 cm. Situs itu lebih dikenal dengan Situs Lingga Yoni.

“Adanya dermaga, tentu akan memudahkan masyarakat  berwisata menggunakan perahu. Kita bisa berkeliling desa melintasi Sungai Klawing dengan disuguhi pemandangan alam yang masih benar-benar asri,selain itu kita juga bisa memancing di sepanjang aliran sungai,” kata Tosa.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan