Plesir

Dinbudparpora Purbalingga Bina SDM Pokdarwis

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, menggelar pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Senin-Rabu (27/10-5/11). Inid ilakukan demi meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pengelola desa wisata dan mendukung destinasi wisata yang ada disekitarnya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Ir Prayitno, M.Si mengatakan, pembinaan Pokdarwis meliputi pengelolaan homestay, pembuatan souvenir wisata, pelayanan wisatawan, pemandu wisata dan kelembagaan Pokdarwis. “Pembinaan rutin kami lakukan seiring dengan tuntutan peningkatan pelayanan terhadap wisatawan,” kata Prayitno.

“Ada kecenderungan, wisatawan mulai beralih ke wisata minat yang menantang dan tidak ditemukan di kota. Potensi suasana desa yang alami beserta kehidupan masyarakat, sejatinya sudah menjadi daya tarik yang bisa dijual sebagai paket wisata,” kata Prayitno menambahkan.

Pembinaan akan dilaksanakan di delapan Pokdarwis masing-masing Pokdarwis Ulam Sari Desa Purbayasa, Padamara, Mudal Sari (Bojongsari), Argo Lestari (Tanalum, Rembang), Ardi Mandala Giri (Panusupan, Rembang), Patrawisa (Limbasari, Bobotsari), Pesona Perkasa (Pekiringan Karangmoncol), Lembah Asri (Serang Karangreja), dan Lawa Mandiri (Siwarak, Karangreja).

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.