Pawarta

Incar Piala Adipura Ke 7, Pejabat Diminta Efisien

BRALING.COM, PURBALINGGA – Sekalipun sudah mendapatkan 6 Piala Adipura berturut-turut, Pemkab Purbalingga mengincar target mampu kembali mendapatkan Piala Adipura. Pemkab menjadikan inovasi infrastruktur lingkungan hidup sebagai cara ampuh mencapai piala ketujuh.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Ichda Masrianto mengemukakan, Purbalingga harus terus meningkatkan fasilitas lingkungan sesuai passinggrade program Adipura 2014 yakni 75 poin. “Inovasi yang dapat dilakukan berupa pembuatan jalur khusus sepeda, penambahan pergola atau terowongan tanaman hijau, penggunaan lampu solarcell dan pemanfaatan gas methan di TPA,” katanya.

Selain itu, juga dilakukan berbagai kegiatan yang berorientasi pada peningkatan kesadaran masyarakat akan kebesihan lingkungan. Sebagai informasi, penilaian Adipura 2013 lalu, Purbalingga berhasil menduduki peringkat 5 nasional dibawah Pati, Magelang, Jepara, dan Temanggung.

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto, juga mengingatkan hal serupa. Menurut Sukento, inovasi itu bisa dilakukan dengan berdasar pada prinsip efisiensi anggaran. “Misalnya menghemat pemakaian listrik, pemakaian telephon, memanfaatkan IT dan lainnya,” ujar Bupati.

Bupati juga mengajak seluruh pimpinan SKPD untuk berhemat 1 liter bahan bakar minyak (BBM) tiap satu mobil operasional SKPD. Jika ini dapat dilakukan, maka akan diperoleh jumlah yang cukup untuk melakukan inovasi.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan