Pilihan

Jajanan Sekolah Bisa Mengandung Narkoba, Awasi Jajan Anak!

BRALING.COM, PURBALINGGA – Para orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar harus waspada terhadap jajanan yang dijual di sekitar sekolah. Badan Narkotika Nasional (BNN) Purbalingga mengemukakan bahwa BNN sudah menemukan jajanan sekolah yang mengandung narkoba.

“BNN sudah menemukan jajan di lingkungan sekolah yang mengandung narkoba di zat adiktif/perkusor, salah satu bahan untuk membuat narkoba. Zat tersebut positif ditemukan seperti permen dengan rasa strawberry, serta jajanan lainya, kalau sampai bahan makanan ini dikonsumsi oleh anak-anak, khusunya para pelajar akan kecanduan,” kata Kepala BNN Purbalingga, Edy Santosa,

Ia bilang, orang tua lebih baik mengawasi penggunaan uang saku atau bahkan lebih baik membekali anak dengan jajanan atau makanan dari rumah. Sehingga peredaran serta penyalagunaan narkoba tidak sampai merambah ke generasi muda, khusunya para pelajar. “Dampak dari konsumsi narkoba tersebut, anak-anak akan menjadi malas,” ucap dia.

Edy mengingatkan bahwa pemberantasan penyalagunaan narkoba, bukan hanya tugas dari pemerintah dan petugas berwenang saja. Namun juga menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengawasi pergaulan anak dan juga melakukan sosialisasi bahaya narkoba.

“Rokok menjadi salah satu jembatan orang untuk terjerumus ke dalam perangkap narkoba. Dimulai dari rokok, setelah merokok, akan meningkat dengan mengkonsumsi narkoba. Jadi kalau bisa, anak –anak jangan di ajari untuk merokok, karena merokok juga merupakan salah satu pintu anak-anak untuk terjerumus ke dalam penggunaan narkoba,” kata ia.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.