Pawarta

Inilah Jajanan Pasar Terbaik di Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kelompok Kerja (Pokja) III PKK Kabupaten Purbalingga memilih tiga jajanan terbaik. Pemilihan ini dilakukan dalam rangka Lomba Jajanan Pasar 2014 guna menyemarakan HUT Purbalingga ke 184 tahun.

Dalam perlombaan yang digelar di Pasar Bobotsari, Jumat 28 November 2014, terpilih Gesret dan Inthil buatan Rumini (Desa Majapura) sebagai Juara I, sedangkan Juara II dan III diraih oleh Jander Jagung buatan Ngudiah (Desa Pekuncen) dan Caranggesing buatan Daljono (Majapura).

Ketua Pokja III PKK Kabupaten, Ibu Haryono mengatakan, lomba kali ini berbeda dengan sebelumnya, kalau biasanya diselenggarakan di Pendopo Dipokusumo dengan peserta PKK kecamatan, maka kali ini pesertanya adalah para pedagang di pasar dan jajanan langsung diambil pada saat berjualan.

“Lomba kali ini lebih menekankan pada pembinaan kepada para pedagang jajanan pasar mengenai pentingnya kesehatan dan penampilan makanan” kata dia. Kriteria penilaian adalah rasa, aroma, kesehatan, dan kemasan.

Sementara untuk Juara Harapan I, II dan III diraih oleh Martabak Jagung buatan Noni (Desa Gandasuli), Cenil buatan Bu Timah (Desa Karangnangka) dan Getuk Kaca buatan Bu Rahayu (Desa Mrebet).

“Selama ini masih banyak ditemui jajanan pasar yang dijual masih terbuka atau tidak menggunakan kemasan sehingga rentan terhadap penularan penyakit,” kata dia. Menurut dia, banyak jajanan pasar yang enak namun tidak dikemas dengan baik.

“Hasil dari lomba ini akan terus ditindaklanjuti sehingga nantinya akan semakin banyak jajanan tradisional khas Purbalingga yang akan ditampilkan dalam acara-acara resmi,” kata Adi Purwanto, Kasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM Dinperindagkop Purbalingga. Lomba Jajanan Pasar 2014 juga akan dilaksanakan Sabtu, 29 November 2014 di Pasar Bukateja dan Minggu, 30 November 2014 di Pasar Badog Bancar.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.