Uncategorized

Surat untuk Bupati dari Erna

Yth. Bupati Purbalingga

Bapak Sukento Ridho Marhaendrianto

Di tempat

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Teriring saya ucapkan salam untuk Bapak Bupati, agar Bapak selalu dilindungi oleh Allah SWT disetiap langkah Bapak.

Sebenarnya saya bangga sekali kepada Bapak, masih bersemangat memimpin rakyat Purbalingga agar Purbalingga bisa lebih maju dan sejahtera. Seperti kata Bung Karno “ Berikan saya 1.000 pemuda, maka saya akan mengubah dunia lebih baik “. Saya berharap semoga perkataan Bung Karno itu dapat terwujud dengan semangat Bapak membangun Kabupaten Purbalingga.

Perkenalkan  nama  saya Erna salah satu siswi kelas XII TKR di  SMK Negeri 1 Kaligondang, dalam kesempatan kali ini saya bermaksud untuk menyampaikan keinginan saya untuk Purbalingga di masa yang akan datang dan menjadikan Purbalingga yang lebih maju dan sejahtera.

Kualitas pendidikan tentunya sangat penting bagi semua generasi khususnya gernerasi muda yang akan memimpin negeri ini di masa mendatang. Apabila generasi muda tidak mendapatkan pendidikan yang memadai maka kita akan tertinggal dari bangsa-bangsa lain sehingga tidak mampu menghadapi persaingan dunia. Oleh karena itu pendidikan sangatlah penting bagi kita semua baik yang muda atau yang tua. Pendidikan merupakan kunci masa depan karena dengan mendapatkan pendidikan yang cukup kita akan mendapat masa depan yang lebih baik.Akan tetapi tidak sedikit anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan di bangku sekolah karena keadaan orang tua yang tidak mampu membiayai sekolah bahkan tidak sedikit juga yang bersekolah tetapi mengalami kesulitan dalam hal biaya administrasi sekolah. Saya sebagai pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu dan mempunyai saudara kembar yang duduk di kelas yang sama di  SMK Negeri 1 Kaligondang merasakan keadaan tersebut. Tentunya untuk para orang tua yang mempunyai anak-anak yang bersekolah di satu tingkat yang sama biaya yang dikeluarkan untuk membiayai sekolah itu lebih besar daripada orang tua lain. Bagi orang tua yang seacara finasial cukup atau mampu itu tidaklah menjadi maslah tapi bagi orang tua yang tidak mampu itu  merupakan masalah oleh karena itu saya menyarankan agar pemerintah memberikan beasiswa penuh kepada siswa-siswi yang keadaaannya seperti di atas.

Bapak Bupati yang terhormat,

Hal yang tidak asing lagi, masalah yang muncul dalam memperoleh pendidikan adalah masalah biaya yang tidak kecil atau murah untuk memperoleh pendidikan tersebut. Banyak siswa-siswi yang berprestasi di Kabupaten Purbaingga yang berkeinginan untuk melanjutkan ke sekolah ke perguruan tinggi setelah lulus dari SMK akan tetapi kemampuan secara finansial orang tuanya yang tidak sanggup. Pemerintah Kabupaten Purbalingga sudah mempunyai program penggalangan dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang ditujukan untuk siswa-siswi tingkat SD, SMP, SMA/SMK yang tidak mampu. Bagaimana  kalau penggalangan dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dulunya hanya untuk siswa-siswi tingkat SD, SMP, SMA/SMK yang kurang mampu sekarang ditambah untuk membantu lulusan SMK yang berprestasi dan berkeinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi tetapi secara finansial orang tua mereka tidak mampu sehingga hal itu dapat membantu siswa-siswi berprestasi tersebut. Jadi, tidak hanya program universitas yang menyediakan bantuan beasiswa untuk siswa yang kurang mampu melalui bidikmisi tetapi dari pemerintah daerah juga memberikan bantuan. Bantuan tersebut akan membuat siswa dan para orang tua yang mempunyai prestasi sehingga tidak ragu-ragu lagi untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dengan alasan biaya. Masa depan Purbalingga berada di tangan generasi muda. Generasi muda  Purbalingga cemerlang maka Purbalingga pun ikut cemerlang. Selain itu juga mampu mengangkat derajat keluarga dan meningkatkan taraf pendidikan di Kabupaten Purbalingga. Dengan pendidikan yang tinggi otomatis kesejahteraannya menjadi lebih baik.

Menciptakan kualitas pendidikan yang baik, tentunya membutuhkan suatu proses dengan berbagai upaya. Lomba-lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu upaya untuk menunjukan kemampuan siswa-siswi baik secara akademik maupun non akademik. Dalam hal ini saya menyarankan agar kegiatan-kegiatan tersebut lebih ditingkatkan sehingga kemampuan yang dimiliki mampu diasah lagi. Selain lomba yang diadakan untuk siswa perlu juga diadakan lomba-lomba untuk para guru sehingga tidak hanya siswanya saja yang menunjukan kemampuannya selain itu dengan adanya lomba untuk guru, maka akan membuat guru-guru lebih kompeten dalam mendidik siswa-siswanya.

Upaya lain yang dapat dilakukan untuk menciptakan kualitas pendidikan yang baik adalah dengan adanya sarana dan prasarana sekolah yang memadai dan mendukung proses pendidikan. Saran dan prasarana yang memadai mampu meningkatkan prestasi siswa-siswi secara akademik dan non akademik. Dalam hal ini saya berkeinginan agar ada program untuk sumbangan buku-buku pelajaran bagi sekolah-sekolah agar siswa-siswi tidak lagi repot untuk memfotokopi buku-buku pelajaran tersebut apalagi bagi anak yang secara finansialnya itu rendah itu menjadi sebuah masalah. Selain sumbangan buku-buku tersebut saya juga menyarankan agar adanya program pembangunan perpustakaan khususnya di sekolah-sekolah yang tidak terdapat perpustakaan sehingga siswa-siswi di sekolah mampu menambah wawasan pengetahuan dengan membaca berbagai jenis buku di perpustakaan sekolah.

Bapak Bupati yang terhormat,

Pada tataran individu, fungsi pendidikan tentu sangat jelas. Dengan mendapatkan pendidikan yang cukup kita akan bisa mendapat masa depan yang lebih baik. Saat ini mencari kerja sangatlah sulit. Jika tidak mempunyai latar  belakang pendidikan yang cukup baik maka akan kalah saing dengan pencari kerja yang lain. Oleh karena itu saya pribadi yang bersekolah di SMK yang merupakan sekolah menengah kejuruan dengan tujuan menyiapkan anak didiknya untuk memasuki dunia kerja, tentu berharap agar bisa bekerja setelah  lulus dari sekolah. Lapangan kerja yang sesuai dengan pendidikan SMK di Purbalingga perlu diperbanyak lagi sehingga mampu menampung karyawan khususnya bagi lulusan SMK sesuai dengan jurusan sewaktu bersekolah di SMK sehingga tidak harus mencari kerja di luar kota atau bahkan di luar Pulau Jawa. Makin banyaknya lapangan pekerjaan makan makin berkurang pula pengangguran di Purbalingga.

Bapak Bupati yang terhormat,

Pendidikan yang berkualitas harus didukung dengan lingkungan yang bersih dan nyaman. Sebenarnya di sekolah saya  ini sering diselenggarakan kebersihan sekolah dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk kegiatan belajar. Saya ingin Pemerintah Daerah Purbalingga menyediakan tempat sampah sesuai jenisnya seperti bungkus-bungkus plastik atau sampah anorganik dibuang di tempat sampah kering, begitu pula dengan sampah organik seperti kulit pisang dibuang di tempat sampah basah agar mudah di daur ulang. Apalagi jika sampah organik, kita daur ulang menjadi pupuk dan bisa meringankan beban para petani dan selain itu sampah anorganik seperti sampah plastik, kaleng bekas juga bisa dimanfaatkan dengan cara mendaur ulang menjadi barang barang yang berguna dan memiliki nilai jual dan keindahan yang tinggi. Itu semua kita lakukan agar siswa-siswi merasa nyaman berada di sekolah karena jika sekolah bersih maka pikiran pun menjadi jernih. Tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi di tempat-tempat umum juga masih minim tempat sampah. Seharusnya tidak hanya di perkotaan saja yang disediakan tempat sampah seperti ini, tetapi di lingkungan pedesaan, pinggir jalan perlu disediakan tempat sampah sehingga tidak ada lagi orang yang membuang sampah sembarangan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Dengan seperti itu kita mampu mewujudkan Purbalingga yang bersih dan asri.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, semoga keinginan dan usul saya ini dapat bermanfaat di Purbalingga ini masa yang akan datang aaamiinnn…

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

 

Salam Hormat

 

Erna

Tinggalkan Balasan