Pawarta

Hadapi Masalah Kesehatan, Purbalingga Gelar Jambore Kader

Kader Kesehatan Antusias ikut Jambore Kader di Bumper Munjulluhur 2014
Kader Kesehatan Antusias ikut Jambore Kader di Bumper Munjulluhur 2014

BRALING.COM, PURBALINGGA – Purbalingga terus meningkatkan kualitas dan peran kader di bidang kesehatan. Dengan kader kesehatan yang berkualitas harapannya keluarga Purbalingga akan semakin jauh dari permasalahan kesehatan.

Salah satu upaya itu yakni dengan menggelar jambore kader kesehatan, pos kesehatan pesantren dan saka bhakti husada tahun 2014 di Bumi Perkemahan (Buper) Munjulluhur. Sebanyak 299 orang mengikuti jambore yang digelar Dinas Kesehatan Purbalingga, Selasa 9 Desember 2014.

Kepala Dinas Kesehatan dr Nonot Mulyono mengemukakan jambore sesuai Undang Undang Nomor 36 Tahun 2009  Tentang Kesehatan. “Dalam pasal UU tersebut juga dijelaskan, bahwa setiap orang berkewajiban berperilaku hidup sehat, untuk mewujudkan dan mempertahankan serta memajukan kesehatan setinggi-tingginya,” kata Nonot.

“Pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan, merupakan suatu proses aktif. Dimana sasaran dan masyarakat yang diberdayakan harus berperan, serta aktif pada program-program kesehatan,” kata Nonot yang mantan Kepala RSUD dr Goetoeng Taroenadibrata Purbalingga.

“Sedangkan wahana pemberdayaan masyarakat dibentuk atas dasar kebutuhan masyarakat yang dikelola oleh untuk dan bersama masyarakat  serta bimbingan dari petugas puskesmas, lintas sektor dan lembaga lainnya,” sambung Nonot.

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto mengapresiasi keikhlasan serta kerelaan untuk ikut memperjuangkan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Purbalingga. Ia berharap para kader di bidang kesehatan bisa nguri-uri posyandu.

Sukento juga berharap kader kesehatan bisa melakukan pencegahan munculnya demam berdarah. “Ini memerlukan kesungguhan dari semua pemangku kepentingan  dalam memberantas penyakit ini. Mengingat daerah kita adalah endemis DB, artinya sangatlah masyarakat sangat rentan terjangkit virus ini,” kata ia.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan