Mau Tahu Legenda di Purbalingga? Baca Buku Ini

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bagi kamu yang suka sejarah, apalagi sejarah yang ada di Purbalingga, maka buku “Purbalingga dalam Legenda” bisa menjadi jawabannya. Komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya (KPSB) Purbalingga meluncurkan buku ini pada awal Desember lalu.

[Baca: Pretimasa dan Kutukan bagi Warga Arenan (Bagian 1)]

Peluncuran buku yang ditulis Tri Atmo ini dilaksanakan di Sekretariat KPSB  di Jalan Bougenvil Raya No 15 Perumahan Griya Abdi Kencana. Ketua Umum KPSB, Sigit Subroto dan 10 pegiat seni senior di Purbalingga hadir dalam peluncuran buku ini.

“Saya berharap, Dinas Pendidikan bisa memasyarakatkan buku ini sebagai bacaan pelengkap di perpustakaan sekolah. Atau paling tidak sebagai bahan bacaan muatan lokal, sehingga para pelajar  mengetahui  legenda-legenda yang ada di Purbalingga,” harap Tri Atmo.

Buku ini berisi 12 legenda di Purbalingga. Mulai dari cerita tentang Putri Ayu  Limbasari, Sayembara Membuat Sungai, Kyai Narasoma, Desa Kalimanah dan Ceritanya, Makhdun Wali Prakosa, Pantang Makan Ikan Tambra, dan Bambu Kramat di Majatengah.

Selain itu, ada legenda Kerajaan Galuh Purba di Kaki Gunung Slamet, Asal-usul Desa Siwarak, Desa Kepokan Kalitinggar, Makam Syekh Jambu Karang, Pangeran Makhdum Cahyana dan Kadipaten Onje. [Baca: Braen, Kesenian Khas Rajawana Bernilai Luhur]

Tri Atmo mengaku buku itu masih belum sempurna,  namun paling tidak bisa menambah khasanah bacaan bagi generasi muda. Sebelumnya, Tri Atmo juga menerbitkan buku Ki Arsantaka melalui KPSB Purbalingga.

“Hadirnya buku ‘Purbalingga dalam Legenda’ tulisan Pak Tri Atmo ini semoga bisa menjadi tetenger, bahwa Purbalingga punya legenda yang memang layak diketahui oleh masyarakat, khususnya generasi muda,” ujar Sigit Subroto yang juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum Purbalingga.

KPSB juga berencana meluncurkan buku ketiga kalinya, berisi tokoh-tokoh sejarah lokal Purbalingga. Mereka itu, termasuk yang namanya dipakai menjadi nama-nama jalan, seperti Lettu Kuseri, Serma Jumiran, Usman Janatin dan sebagainya.

“Untuk buku ketiga ini, penulisnya nanti seluruh anggota KPSB. Dan bupati sudah siap membantu percetakannya,” ujar Sigit Subroto mengungkapkan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

Read previous post:
PSSI Purbalingga Gelar Kursus Pelatih Hingga Kompetisi

BRALING.COM, PURBALINGGA - Pengcab PSSI Purbalingga bersiap menggelar rentetan agenda berupa Kursus Pelatih Lisensi D PSSI, Kursus wasit, Kompetisi Sepakbola antar Sekolah...

Close