Gaya

Pecinta Batu Akik Klawing? Segera Datang Ke Sini!

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bagi Anda yang menjadi pecinta batu akik Klawing asli Purbalingga saja datang ke Pameran Pesona Batu Klawing dan Barang Antik yang digelar di Gedung Khongkwan eks SMP Dharma Mulya Purbalingga, 11-12 Desember 2014.

Anda pun harus cepat-cepat kesana bila tak ingin kehilangan kesempatan mengoleksi batu dengan motif unik. Baru saja Sekretaris Daerah (Sekda) Purbalingga Imam Subijakto resmi membuka, pemeran yang diramaikan oleh perajin dan komunitas batu akik ini pun sudah riuh pengunjung.

Pejabat seperti Sekda Imam Subijakto, Asisten Pemerintahan Kodadiyanto, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Susilo Utomo, Kepala Dinperindagkop Agus Winarno juga berburu batu Klawing sekalipun sudah memiliki beberapa koleksi.

“Kita tidak mematok target penjualan. Yang penting seluruh perajin batu akik di Purbalingga dapat saling bertemu. Yang sudah professional dapat memajang seluruh hasil kreasinya, yang baru coba-coba dapat termotifasi dan belajar dari seniornya,” ujar Ketua Panitia Pameran Pesona Batu Klawing dan Barang Antik, Agam Soedijono.

Pameran yang diikuti 34 stan batu akik, 14 peserta UMKM dan 6 stand non umkm. Melalui pameran tersebut Agam mengajak para perajin, penggemar , kolektor dan siapapun yang peduli dengan batu akik Klawing untuk bersama-sama mengupayakan kelestarian potensi yang dimiliki kabupaten Purbalingga.

“Kami berharap ada upaya agar potensi batu Klawing tidak keluar Purbalingga dalam bentuk glondongan-glondongan yang belum memiliki nilai,” ujar dia. Agam juga berharap Pemkab Purbalingga terus memfasilitasi promosi dan pemasaran perajin batu akik Klawing. [Baca: Harga Batu Klawing Masih Terlalu Murah]

Sekda Purbalingga Imam Subijakto menuturkan, Pemkab sangat perhatian terhadap perkembangan potensi kerajinan batu Klawing. Bahkan Bupati Suykento Rido Marhaendrianto, telah mengintruksikan seluruh jajaran PNS di lingkungan Pemkab untuk menggunakan cincin batu akik Klawing. [Baca: Sambut Potensi Pemasaran, Purbalingga Bentuk Paguyuban Batu Klawing]

“Yang dilakukan Pak Bupati, tentu menjadi wujud dukungan pemkab terhadap potensi daerah yang kini menjadi booming. Kami juga telah menggunakan cincin yang dibuat oleh perajin local Purbalingga,” kata Imam yang juga kolektor motif Nogosui.

BANGKIT WISMO


One thought on “Pecinta Batu Akik Klawing? Segera Datang Ke Sini!”

Tinggalkan Balasan