Mau Membuat SIM di Purbalingga? Perhatikan Aturan Ini

BRALING.COM, PURBALINGGA – Masa tenggang pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) tidak lagi satu tahun. Kepala Polda Jawa Tengah mengintruksikan kebijakan baru dalam mekanisme perpanjangan SIM di Jawa Tengah.

Sesuai instruksi Kepala Polda Jateng nomor TR/489/II/2015 tertanggal 16 Februari 2015, masa tenggang sampai satu tahun, sekarang masa tenggangnya maksimal tiga bulan terhitung sejak tanggal habis masa berlaku.

“Kalau melebihi tiga bulan, maka masyarakat harus membuat SIM baru sesuai mekanisme yang berlaku. Harus mendaftar, ikut ujian teori atau AVIS (Audio Visual Integrated System), praktik mengendarai I (di Kantor Satlantas) dan praktik mengendarai II (di jalan raya),” kata Bintara Urusan SIM Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga Ajun Inspektur Satu Nyamiran.

Iptu Nyamiran kepada wartawan, Senin 9 Maret 2015, juga mengungkapkan bahwa masyarakat yang akan memperpanjang SIM bisa melakukannya mulai 14 hari sebelum tanggal habis masa berlakunya.

“Jadi kalau lebih dari itu ya belum boleh. Kan ada biasanya datang dari luar kota, mumpung pulang sekalian memperpanjang SIM meskipun masa berlakunya habis masih satu bulan lagi. Nah itu tidak boleh,” ucap Nyamiran menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Satlantas Polres Purbalingga Ajun Komisaris Sudarsono menuturkan bahwa polisti tidak pernah mempersulit pembuatan SIM baru atau pun perpanjangan. Semuanya dilakukan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Kalau ujian teori dan praktik lulus semua dan administrasi lengkap, masyarakat tinggal difoto dan maksimal 20 menit SIM sudah di tangan. Tapi kalau memang tidak lulus ujian ya memang harus mengulang,” kata AKP Sudarsono.

Selain itu, tempat tunggu pembuatan SIM juga sudah nyaman. Di lokasi praktik I (Satlantas) juga sudah dibangun ruang tunggu yang luas dan nyaman. “Saya mempersilakan kepada masyarakat untuk berlatih mengendarai di tempat praktik I setiap hari seusai jam pelayanan. Atau pada hari libur, terbuka untuk umum,” katanya.

BANGKIT WISMO

2 tanggapan untuk “Mau Membuat SIM di Purbalingga? Perhatikan Aturan Ini

Tinggalkan Balasan

Read previous post:
Ayo! Wisata Edukatif ke Museum Usman Janatin

BRALING.COM, PURBALINGGA - Purbalingga kembali memiliki museum yang khusus dibangun untuk mengabadikan jasa pahlawan asal Kota Perwira. Jika sebelumnya sudah ada Museum...

Close