Pawarta

8 Desa jadi Lokasi Pelaksanaan Latsitarda Nusantara ke 35

BRALING.COM, PURBALINGGA – Tahun ini, Purbalingga akan mengelar Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke 35, 6 Mei 2015 – 5 Juni 2015. Agenda ini akan digelar di empat kecamatan di Kota Braling.

Lokasinya yakni di Desa Karangjambu dan Desa Sanguatang di Kecamatan Karangjambu, Desa Sumampir dan Tanalum di Kecamatan Rembang, Desa Sidareja dan Selakambang di Kecamatan Kaligondang serta di Desa Siwarak dan Serang di Kecamatan Karangreja.

Perwira seksi territorial (Pasiter) Kodim 0702, Kapten Inf. Cahyadi berkata agenda ini diikuti oleh 234 orang taruna dan 40 orang mahasiswa. Yang mana taruna itu berasal dari Akademi Aangkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Darat (AAD) dan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

“Pemegang kendali Latsitarda Purbalingga dibawah komando Satlak Nusantara  3 yakni AAU,” ujar Cahyadi. Kegiatan latsitarda bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi taruna terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasarakatan.

Kegiatan nantinya akan berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur desa, seperti pembuatan rabat beton, pembuatan talud, pembuatan jembatan kecil, perbaikan bak penampungan dan pipanisasi. Di Jateng, selain Purbalingga, agenda ini juga digelar di Banyumas, Cilacap, Purworejo dan Kebumen.

Kasubid Sumberdaya Desa dan Ligkungan di Bapermasdes Purbalingga, Deri Hernandes mengatakan Pemkab memberi dana sebesar Rp 7,5 juta. Dana ini digunakan untuk operasional bagi desa yang ketempatan.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan