Pawarta

30 Alat Peraga Iptek Ramaikan PIK di Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Peragaan Iptek Keliling yang bakal digelar di kompleks Owabong, Selasa- Rabu 12-13 Mei 2015 bakal diramaikan paling tidak 30 alat peraga ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

 

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinbudparpora Purbalingga, Ir Prayitno MSi berkata, selain itu, ajang itu juga diisi dengan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) pembentukan Pusat Peraga Iptek di Purbalingga dan workshop Iptek bagi 200 guru sains tingkat SMP/MTS.

Alat peraga iiptek interkatif itu didatangkan dari PP Iptek Jakarta. Alat peraga itu terdiri dari kluster optic, energi dan kluster gaya. ‘Kami berharap, para siswa dan guru sains bisa mengunjungi peragaan iptek ini yang dipusatkan di kompleks cottage Owabong,” kata Prayitno.

Kegiatan PIK, Prayitno menjelaskan, merupakan rangkaian awal pengembangan iptek yang dikemas dengan nuansa wisata dan hiburan di Purbalingga. Dinbudparpora telah menjajaki kerjasama dengan PP Iptek di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta sejak Agustus 2014.

“Tindaklanjut kerjasama ini, PP Iptek menyetujui Sanggaluri Park yang dikelola oleh manajemen Owabong untuk dikembangkan sebagai science center di Jawa Tengah. Pasca kegiatan ini, PP Iptek juga memberikan bantuan peralatan iptek yang akan ditempatkan di Sanggaluri Park,” kata Prayitno.

Di Purbalingga, PIK digelar bersama oleh Dinbudparpora Purbalingga, Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) dan Pusat Peraga Iptek (PP-Iptek) Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

BANGKIT WISMO

 


Tinggalkan Balasan