Pawarta

Peringati Hardiknas, Ini Kata yang Ditekankan Bupati Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga menekankan bahwa keberhasilan pendidikan Indonesia maupun Purbalingga bukan terletak di dalam institusi pendidikan semata. Melainkan terletak pada gerakan bersama mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Semua harus ikut peduli, bahu membahu, saling sokong dan topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan,” kata Sukento Ridho Marhaendrianto upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2015 Tingkat Kabupaten, di Alun-alun, 2 Mei 2015.

Demi menekankan itu, Bupati sampai membaca dua kali kaliman yang tertuang dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) RI. “Mohon berkenan, saya untuk mengulang sambutan pada alinea ini,” kata dia.

“Wajah masa depan kita berada di ruang-ruang kelas. Hal itu bukan berarti bahwa tanggung jawab membentuk masa depan berada di pundak pendidik dan tenaga kependidikan di institusi pendidikan.  Secara konstitusional, pendidikan adalah tanggung jawab Negara. Namun secara moral, mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik,” Bupati Sukento membacakan sambutan.

Bupati bilang, pendidikan harus dipandang sebagai upaya bersama seluruh elemen bangsa. Pendidikan juga tidak bisa dipandang sebagai program semata. “Kita mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa,” kata Sukento.

 

Pada kesempatan ini, Bupati juga kembali menegaskan janji untuk memberi sepeda motor pagi peraih nilai tertingi dalam UN SMA dan satu laptop bagi siswa SMP yang dapat nilai tertinggi UN.

Tahun ini, peringatan Hardiknas bertema “Pendidikan Dan Kebudayaan Sebagai gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila”. Selepas upacara, ada penyerahan hadiah dan piala kepada juara yang ikut lomba dalam rangkaian Hardiknas yang digelar Dinas Pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Jiah Palupi Twihantarti berkata, lomba yang digelar seperti lomba Nyanyi Tunggal Putra Putri, Pengucapan Pembukaan UUD 1945, Lomba Sekolah Ramah Anak dan Lomba Cerdas Cermat (LCC).

“Selain itu juga diserahkan piala juara tingkat Provinsi Jawa Tengah berupa Lomba Instruktur Kursus Tata Rias pengantin dan juara Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten,” kat Jiah.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan