Pawarta

Terbaik di Bakorwil III, Perpustakaan SMP 1 Bojongsari AKan Dinilai Tim Provinsi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Perpustakaan SMP 1 Bojongsari berhasil menjadi juara I dalam lomba perpustakaan sekolah tingkat Bakorwil III Banyumas di Agustus 2015 ini. Sekolah ini akan maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah pada ajang yang sama Oktober mendatang.

Kepala Seksi Perpustakaan pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Purbalingga, Siti Makhmudah menjelaskan, selain SMP 1 Bojongsari, SD Karangbanjar 1 juga dinilai dalam lomba itu, namun belum berhasil menjadi yang terbaik.

Tim penilai yang datang 4 Agustus lalu memuji pada kelembagaan, sarana prasarana, pengelolaan, administrasi, pelayanan dan pemanfaatan perpustakaan. Hanya saja beberapa hal yang perlu dibenahi lagi untuk penilaian di tingkat provinsi nanti, salah satunya bangunan fisik perpustakaan.

“Di SMP 1 Bojongsari, paling tidak ruang multimedia dan audiovisual harus lebih representatif lagi. Saat ini sudah ada, namun tempatnya masih sempit,” kata Makhmudah.

Dikatakan, dari segi kualitas kelembagaan, administrasi dan pelayanan, perpustakaan di Purbalingga bisa dikatakan baik. Namun dalam setiap lomba, perpustakaan di kota ini selalu kalah dalam bangunan fisik. 

Kepala SMP 1 Bojongsari Runtut Pramono mengatakan, pihaknya akan lebih membenahi lagi sarana dan prasarana untuk mewakili Korwil Banyumas dalam lomba perpustakaan di tingkat provinsi tersebut. Saat ini perpustakaan di sekolahnya telah menggunakan sistem teknologi informasi dan barcode untuk input data dan adminstrasi.

“Saat ini koleksi kami 8.926 judul buku. Ke depan kami ingin agar perpustakaan ini juga bisa diakses oleh masyarakat,” katanya.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan