Pilihan

Kenapa Purbalingga Susah Melawan Kemiskinan?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kemiskinan masih menjadi momok yang terus dilawan oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ngudiarto menyebut ada satu alasan kenapa program pengentasan kemiskinan begitu lambat.

Ngudiarto menyebut perbedaan indikator kemiskinan antara lembaga bahkan kementrian yang membuat program kurang efektif dan tepat sasaran. Hal tersebut berakibat kepada perbedaan data kemiskinan di masing-masing lembaga.

Imbas dari perbedaan tersebut membuat pemerintah daerah sulit untuk memetakan permasalahan yang ada di wilayahnya. “Diperlukan langkah-langkah penanganan dan pendekatan yang sistematis,  terpadu, dan menyeluruh,” ujar Ngudiarto.

Saat kegiatan pengkajian konsep dan indikator kemiskinan di Waroeng Joglo, Kamis 17 September 2015, Ngudiarto berkata, diperlukan koordinansi, sinkronisasi terhadap berbagai kebijakan pengentasan kemiskinan agar berjalan secara efektif dan efesian.

Widiaiswara Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS), Gunanto mengatakan indikator kemiskinan menurut kementrian sosial pertama adanya ketiadaan akses dengan lembaga ekonomi, sehingga pendapatannya rendah.

Kedua adanya disfungsi peran dalam struktur keluaga. Ketiga adanya kecacatan (netra, daksa, grahita, wicara, mantan penyandang penyakit kronis) yang belum tervokasi dalam pendidikan dan pekerjaan. Dan yang ke empat adanya kerterlantaran yang menyebabkan keterisolasian dalam masyarakat.

“Dengan konsep yang dikembangkan oleh Kemensos dan telah di uji oleh para pakar di berbagai Universitas, B2P3KS akan melakukan penelitian untuk memetakan kemiskinan di Purbalingga,” kata Gunanto .

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan