Pawarta

Purbalingga Punya Laboratorium Seni Budaya dan Film, Dimana Lokasinya?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Purbalingga akhirnya memiliki laboratorium seni budaya dan film. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia meresmikan laboratorium senilai Rp 700 juta ini pertengahan Maret 2016 ini.

Di Kota Braling, satu-satunya laboratorium ini berlokasi di SMA Maarif NU Karangmoncol. Direktur Kesenian Direktorat Kebudayaan Kemdikbud, Prof Endang Caturwati berkata, di Indonesia baru ada 16 sekolah yang menjadi lokasi laboratorium ini.

“Saya minta, laboratorium ini tidak hanya difungsikan untuk warga sekolah ini saja tapi juga berbagi dengan sekolah lain dan masyarakat sekitar,” kata Prof Endang saat meresmikan laboratorium di SMA Maarif NU Karangmoncol, Selasa 15 Maret 2016.

Dia berjanji tahun depan ada sekolah lain di Purbalingga yang mendapatkan bantuan serupa. Selain itu di kementeriannya juga ada program berupa bantuan alat dan fasilitasi kegiatan seni, program seniman masuk sekolah dan belajar bersama maestro.

Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga, Tri Gunawan Setiadi berharap, laboratorium seni budaya dan film itu bermanfaat bagi sekolah khususnya seni budaya dan film. Sehingga akan muncul seniman yang mencintai seni dan budaya serta menjadi pemacu semangat untuk maju dan berprestasi.

“Kepada kementerian, diharap bantuan seperti ini tidak hanya saat ini saja, tapi berkelanjutan karena masih membutuhkan untuk sekolah lain demi kemajuan pendidikan di Purbalingga,” katanya.

Kepala SMA Maarif Karangmoncol, Toyibah berterima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas bantuan itu. Ia berharap, bantuan ini bisa meningkatkan kemampuan kreatifitas siswa juga untuk warga sekitar dalam rangka melestarikan kebudayaan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan