Olahraga

Banyak Atlet Purbalingga Dilirik untuk Membela Daerah Lain

BRALING.COM, PURBALINGGA – Atlet di Purbalingga ternyata masih jauh dari perhatian.  Tidak hanya kesejahteraan mereka semata, bahkan urusan fasilitas berlatih mereka masih kerepotan. Padahal tidak sedikit atlet di beberapa cabang olahraga yang turut mengharumkan nama Kota Braling.

Kepala SMA 2 Purbalingga Joko Mulyanto mengaku masih terkendala fasilitas dan pelatih. Meski begitu, masih ada bibit atlet berprestasi. “Beberapa bahkan mulai digoda untuk bermain di daerah lain. Karena itu, kami mohon uluran tangan pemerintah,” kata dia.

 

Saat public hearing bersama Komisi III DPRD Kabupaten Purbalingga, Jumat 13 Mei 2016, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)  Purbalingga, M Iqsan berkata meski banyak keterbatasan, masih ada atlet yang berprestasi.

Beberapa cabang seperti judo, catur dan downhill, disebut Iqsan masih mampu berprestasi hingga ke tingkat nasional. “Dengan segala keterbatasan, atlet kita masih mampu berprestasi,” ujar dia.

Ketua Komisi III, Bambang Irawan berkata, sudah wajib hukumnya jika Pemkab membantu atlet yang mewakili Purbalingga. Ia meminta jajaran KONI menyerahkan data atlet dan cabang olahraga mulai dari yang berprestasi dan yang belum berprestasi.

Selain itu, KONI juga diminta mendata kendala yang dihadapi untuk mencapai target prestasi. Data ini akan dijadikan bahan kajian untuk menentukan anggaran pada APBD perubahan. “Dan kami harap setiap ada event, KONI juga berkomunikasi dengan Dewan,” kata Bambang Irawan.

Bambang juga menawarkan solusi lain soal pendanaan, caranya, agar KONI mengusulkan anggaran ke sejumlah perusahaan asing. Sebab, dana sosial perusahaan atau CSR selama ini tak jelas. “Bikin satu pintu, jangan setiap cabang mengajukan ketika ada pertandingan,” imbuh Politisi PDIP itu.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan