Pawarta

Enam Prioritas Pembangunan Purbalingga di Era Tasdi-Tiwi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga dibawah kendali Tasdi dan Dyah Hayuning Pratiwi atau Tasdi-Tiwi sudah memantapkan langkah untuk memprioritaskan pembangunan Purbalingga dalam enam hal.

Enam prioritas itu tercantum dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Purbalingga 2016-2021 yang telah diserahkan ke DPRD Purbalingga melalui rapat paripurna, Senin 30 Mei 2016.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga menjadikan Penanggulangan kemiskinan masih menjadi prioritas utama pembangunan. Pilihan ini tidak lepas karena Purbalingga masih memiliki angka kemiskinan 19,75%. Data ini merujuk pada Sensus Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2014.

Ini artinya, Purbalingga berada di peringkat 5 se-Jateng untuk urusan angka kemiskinan. Bupati Tasdi bilang, penanganan kemiskinan di Kota Braling harus dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan berkelanjutan.

Upaya penangulangan kemiskinaan harus mampu menyentuh akar penyebabnya. “Penangulangan kemiskinan harus mencakup strata keluarga miskin, dengan sasaran yang jelas dan melibatkan seluruh sektor dan terus menerus,” kata Tasdi.

Prioritas kedua adalah infrastruktur. Bagi Tasdi-Tiwi,ketersediaan infrastruktur secara langsung dan tidak langsung akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Moda transportasi massal yang cepat bisa menjadi solusi untuk meningkatkan pertumbuhan wilayah.

Prioritas ketiga adalah pembangunan ekonomi kerakyatan. Pendapatan perkapita tahun 2014 sebesar Rp 15,95 juta, masih tertinggal rata-rata pendapatan perkaipta Jawa Tengah sebesar Rp 27,61 juta dan Nasional sebesar Rp 41,82 juta. “Pengembangan investasi harus diarahkan pada pengembangan industri padat karya dan ramah lingkungan,” kata Tasdi.

Prioritas keempat yakni pembangunan manusia. Masalah ini meliputi akses kesehatan, akses pendidikan, pagan, perumahan sehat dan layak serta fasilitasi sanitasi dan air minum. Pembangunan manusia diharapkan dapat meningkatkan kualitas manusia yang bermartabat.

“Pembangunan berwawasan lingkungan menjadi prioritas ke lima dan tata kelola pemerintahan menjadi prioritas keenam dalam RPJMD 2016-2021,” kata Tasdi seperti dikutip dari keterangan pers Humas Setda Purbalingga.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan