Pawarta Pilihan

Mau Memperpanjang SIM di Purbalingga? Perhatikan Dulu Aturan Baru Ini

BRALING.COM, PURBALINGGA – Keberadaan Surat izin mengemudi alias SIM sangat penting bagi pengendara. Bahkan, pelanggaran berlalu lintas di Purbalingga setiap tahunnya juga didominasi karena urusan SIM ini.

Karenanya, kamu harus cermat perihal kartu penting berkendara ini. Apalagi, polisi sudah punya aturan baru tentang pembuatan SIM. Sekarang, perpanjangan SIM harus tepat tanggal masa berlaku. Telat satu hari saja, maka kamu harus membuat SIM baru.

“Kalau dulu, kalau masa berlaku habis diberi kesempatan untuk memperpanjang SIM hingga tiga bulan sesudah tanggal masa berlaku. Tapi berdasarkan aturan yang baru, mulai bulan ini tidak bisa lagi seperti itu,” kata Baur SIM Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga, Aiptu Nyamiran.

“Jika lewat sehari saja harus membuat SIM baru,” Aiptu Nyaminran berkata kepada wartawan, Rabu 11 Mei 2016. Aturan ini sesuai UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM) Pasal 28 ayat 3.

“Namun demikian, perpanjangan masa berlaku SIM bisa dilakukan 14 hari sebelum masa berlaku habis. Oleh karena itu, jika pemilik SIM yang merasa sudah mau habis masa berlakunya untuk segera memperpanjang,” jelas Nyamiran.

Prosesnya, melakukan cek kesehatan, membayar di bank, lalu mengisi formulir dan menunggu dipanggil. Kepala Satlantas Polres Purbalingga, Inspektur Satu Riyatnadi berkata, pembuatan maupun memperpanjang akan dilayani dengan maksimal.

Dalam sehari, rata-rata terdapat 80 orang yang mengurus SIM baik yang membuat baru maupun yang memperpanjang. Satlantas Polres Purbalingga membuka loket pelayanan SIM tersebut pada Senin-Kamis pukul 08.00-14.00 serta Jumat dan Sabtu pukul 08.00.-11.00.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan