Pilihan

Bertemu Karangtaruna Wirabumi, Tim Penilai Jateng : Seperti Inilah Karangtaruna

BRALING.COM, PURBALINGGA – Tim Penilai Karangtaruna Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Tengah mengaku mendapatkan kesan sangat positif saat datang ke Desa Majapura, Bobotsari, Selasa sore, 19 Juli 2016, untuk menilai Karangtaruna Wirabumi. Apakah Karangtaruna Wirabumi bakal jadi yang terbaik di Jateng?

Anggota tim penilai, Suhardi mengatakan, Karangtaruna Wirabumi sudah melakukan tugas dan tanggung jawab penyelenggaraan bidang sosial. “Ada santunan untuk yatim piatu, lansia. Kerja sama dengan perbengkelan, pembibitan lele dan kegiatan lainnya. Ya seperti inilah Karangtaruna,” kata ia.

Pencapaian Karangtaruna Wirabumi menjadi nominator pertama untuk kategori administasi ialah rekor bagi sejarah kepemudaan Purbalingga di bidang karangtaruna. Sebab, ini baru pertama kali Purbalingga mendapatkan posisi tertingi di Jawa Tengah.

Suhardi berkata, karangtaruna memang fokus pada masalah sosial kemasyarakatan. Namun ia menyarankan agar Karangtaruna Wirabumi maupun karangtaruna lainnya juga memiliki nilai lebih. Misalnya di bidang kewirausahaan atau aktifitas sosial lainnya.

Ketua Karangtaruna Wirabumi Agung Sunarko mengatakan, Wirabumi didirikan memang lebih fokus pada agenda sosial kemasyarakatan. Karangtaruna tidak hanya menjadi ruang bagi anak muda namun juga untuk memfasilitasi kebutuhan lansia, yatim piatu, maupun penyandang cacat.

Secara rutin, Karangtaruna Wirabumi menggelar Bazar dan Baksos di Bulan Ramadhan, Donor Darah yang bekerjasama dengan UDD PMI Purbalingga. Selain itu juga bekerjasama dengan warga untuk menggelar usaha perbengkelan, pertanian, perkebunan, home industri, perikanan, kerajinan, sablon dan produksi akik.

Kades Majapura Retno Hendarwati mengatakan, kegiatan Karangtaruna Wirabumi sangat didukung oleh pemdes. Bahkan ia memastikan apa yang dilakukan Karangtaruna Wirabumi dalam mengangkat ekonomi warga benar-benar nyata, tidak hanya apa yang ditulis dalam profil.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan