Purbalingga Gelar Lomba Desain Batik

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga kembali menggelar lomba desain batik. Namun, pada tahun ini, agenda ini diharapkan tidak hanya untuk melestarikan batik di Kota Braling, namun juga untuk menemukan motif batik khas Purbalingga.

Kepala Bagian Perekonomian, Budi Susetyono yang juga menjadi Sekretaris Dekranasda Purbalingga berkata, desain batik yang menjuarai kompetisi ini akan diusulkan menjadi motif seragam PNS, pelajar dan buruh pabrik yang ada di Purbalingga.

 

Lomba ini tidak dipungut biaya pendaftaran. Sedari pelajar SMP dan masyarakat umum boleh mengikuti lomba ini, asalkan berdomisili di Purbalingga. Lomba akan digelar 1-25 September 2016, sedangkan pengumumannya digelar 2 Oktober 2016, bertepatan dengan Hari Batik Nasional.

Budi menjelaskan, tahun ini tema yang diangkat adalah Pesona Goa Lawa. Panitia mengusung tema ini sebagai salah satu upaya mengangkat potensi Goa Lawa.

Desain yang dikirim dibuat di atas kertas gambar ukuran A3. Setiap peserta boleh mengirimkan karya maksimal 2 buah desain. Yang mana, desain itu wajib karya sendiri, tidak boleh menjiplak. “Desain pemenang nantinya akan menjadi hak milik panitia,” kata Budi.

Yang akan dijadikan poin penilaian adalah komposisi warna. kerapihan serta aplikatif pas saat di terapkan di kain. “Motif batik pemenang juga rencananya akan diperagakan pada saat peringatan Hari Jadi Purbalingga yang ke 186 pada bulan Desember,” kata Budi, lagi.

Juara 1 mendapatkan Rp 3 juta, juara 2 mendapatkan Rp 2 juta, Juara 3 mendapatkan 1,5 juta. Untuk Juara Harapan 1 mendapatkan 1 juta, harapan 2 mendapatkan Rp 750 ribu dan juara harapan 3 mendapatkan Rp 500 ribu.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

Read previous post:
Ini Syarat menjadi Kakang dan Mbekayu Purbalingga 2016

BRALING.COM, PURBALINGGA - Kabupaten Purbalingga kembali menggelar Pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata Purbalingga 2016. Dinbudparpora Purbalingga telah membuka pendaftaran dan akan ditutup pada...

Close