Pilihan Plesir

Yakin Emoh Ciblon Neng Kolam Sipentul sing Banyune Anget?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Ketika serius diekplorasi, pesona wisata di Kota Perwira seperti tak kunjung habis. Belum selesai orang terkagum-kagum dengan pemandangan puncak dan percikan air curug, kini sudah ada sensasi berendam air hangat di Kolam Sipentul.

Tetapi, layaknya mutiara yang bergitu berharga, kolam air hangat ini tak bisa dijangkau dengan mudah. Ia berada di Dusun Pentul, Desa Gunung Wuled Kecamatan Rembang yang aksesnya tak mulus seperti di kota. Bahkan, untuk mencapainya, harus berjalan kaki kira-kira sejauh 1,5 Km.

Meskipun aksesnya yang masih menantang, Purwo Rumpoko dan teman-temannya mengaku sangat senang berendam di kolam yang bersumber dari mata air hangat Gunung Pentul. “Seneng banget, hangat, nggak perlu masak air dulu,” kata dia.

“Terus bau belerangnya juga tidak terlalu kuat jadi lebih nyaman, kalau yang dikolam nggak terlalu hangat, mungkin tadi sudah tercampur air hujan juga,” kat Purwo seperti dikutip dari Situs Desa Sumampir.

Air hangat ini mengalir dari mata air di Gunung Pentul yang tak jauh dari Kolam Sipentul.
Air hangat ini mengalir dari mata air di Gunung Pentul yang tak jauh dari Kolam Sipentul.

Untuk sampai ke Kolam Sipentul, menggunakan sepeda motor jauh lebih nyaman. Sebab jalurnya cukup membuat dag dig dug. Sepeda motor sendiri harus dititipkan ke rumah warga, karena Dusun Pentul belum punya fasilitas parkir khusus pengunjung.

Dengan jalur yang panjang dan mendaki, lelah tak begitu terasa. Ini karena kawasan itu masih penuh rindah pepohonan, suara serangga dan kemricik air sungai di sepanjang perjalanan. Nah, setelah sampai tinggal pilih mau kolam yang dangkal atau yang dalam.

“Pokoknya nggak buang-buang waktu lagi, datang, ganti baju langsung nyebur. Saking nyamannya berendam jadi Cuma sedikit foto yang diabadikan tadi,” kata pengunjung lainnya, Dana Kurniawan.

“Ngga Cuma hanggat, pokoknya seru, berendam di air hangat di tengah hutan pinus yang masih sangat asri. Anti mainstream pokoknya, apalagi ke sininya butuh sedikit perjuangan,” Dana Kurniawan menambahkan.

Pengembangan Kolam Sipentul diharapkan menjadi rangsangan pemberdayaan warga. “Nantinya akan kami bentuk kelompok masyarakat, kemudian diberi pelatihan agar mampu untuk mengelola potensi alam yang dimiliki desanya,” kata Dedhy Kurniawan, pemrakarasa Kolam Sipentul.

Untuk mendukung kolam tersebut, Dedhy menjelaskan bahwa mereka sedang dipersiapkan beberapa sarana pendukung Kolam Sipentul. Mulai dari kebun nanas di sepanjang jalan menuju kolam sampai dengan camping ground.

BANGKIT WISMO


One thought on “Yakin Emoh Ciblon Neng Kolam Sipentul sing Banyune Anget?”

Tinggalkan Balasan