Pawarta

Lima Hal yang Jangan Dilakukan Saat Mandi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Mandi telah menjadi bagian dari usaha keluarga untuk menjaga kebersihan tubuh. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan ketika Kamu mandi. Apa saja?

Dikutip dari Klikdokter.com, setidaknya ada lima hal yang tidak boleh dilakukan sewaktu Kamu maupun anggota keluarga lainnya sedang mandi.

Mandi air panas

Bagaimanapun, mandi air panas memang nikmat. Apalagi setelah basah kuyup kehujanan. Tetapi, mandi air panas itu bisa menghilangkan minyak alami tubuh sehingga membuat kulit kering dan kusam. Sebaiknya mandi dengan air yang hangat saja, agar tidak merusak kulit.

Mandi terlalu lama

Banyak orang yang berlama-lama mandi karena mereka mandi sambil bernyanyi atau melamun. Namun, mandi terlalu lama justru akan membuat kelembapan kulit semakin menghilang. Disarankan, waktu mandi ideal ialah kurang dari delapan menit.

Mandi menggunakan sponge

Sponge sangat rawan dihuni oleh kuman loh. Kalau Kamu sering menggunakan sponge, sebaiknya biasakan untuk mencucinya setiap minggu.

Salah memakai kondisioner

Hindari penggunaan kondisioner pada puncak kepala. Kondisioner sebaiknya hanya digunakan pada ujung-ujung rambut. Salah penggunaan kondisioner bisa membuat rambut malah semakin berminyak.

Pemakaian handuk yang kurang tepat

Cara tepat mengeringkan tubuh yaitu menepuk-nepuk tubuh menggunakan handuk lembut. Jangan digosok apalagi dengan menggunakan handuk kasar karena tidak baik untuk kesehatan kulit. Untuk rambut, hindari menggosok atau membungkusnya dengan handuk.

Jadi, apakah Kamu bisa menghindari lima hal itu ketika mandi?

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.