Pawarta Pilihan Plesir

Majapura Murub, Menyalakan Semangat Kebersamaan Desa

BRALING.COM, PURBALINGGA – Ketika jamaah Isya keluar dari Masjid Agung Darunnajah, gerimis sudah mulai enggan menghujani jalan raya. Kursi dan meja ditata dengan sigap di tengah jalan beraspal, berhadapan langsung dengan panggung utama Majapura Murub.

Penataan panggung yang sempat tertunda oleh hujan juga langsung diwujudkan. Pengurus Karangtaruna Wirabumi bergotong royong dengan warga dan perangkat desa melakukan persiapan, sebab waktu pelaksanaan festival sudah tinggal hitungan menit.

Dan benar saja, sekitar pukul 19.30 WIB, warga Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari dan sekitarnya sudah memadati Jalan Menur. Minggu, 30 April 2017 malam, jalan yang membentang di depan Balai Desa Majapura itu berjubel oleh penonton festival.

“Kami tidak menyangka warga begitu semangat menyambut festival ini, mengingat tadi sore hujannya deras sekali,” kata Ketua Panitia Majapura Murub, Bangkit Wismo.

Semangat warga terlihat di Festival Jajanan Serbu yang benar-benar diserbu warga padahal belum semua jajanan tersaji. Warga memadati 20 stand dengan lebih dari 900 jajanan layaknya laron-laron ngerubungi obor di tiap stand jajanan.

Festival Dolanan Bocah di komplek Kampus II SMK Maarif NU Bobotsari juga tak kalah ramai. Game outbond bersama tim Serang Adventure (SAD) dan puluhan dolanan lawas menjadi daya pikat bagi warga untuk bermain sekaligus nostalgia.

Anak-anak bermain bersama tim Serang Adventure di Festival Dolanan Bocah Majapura Murub 2017, Minggu 30 April 2017.

Festival Seni Budaya yang jadi venue utama pun disambut gembira. Penampilan dari warga desa, SDN Majapura, SMK Maarif NU Bobotsari, SMAN 1 Bobotsari, Madin TPQ Al Makid, Sanggar Tunas Perwira dan Kelompok Seni Taruna Muda mampu menghibur warga.

Antusiasme di tiga festival itu menggenapi keriuhan lebih dari 10 band yang tampil di Parade Band pada siang harinya. “Majapura Murub memang dikemas untuk menampilkan potensi seni, budaya dan kuliner asli Majapura,” kata Bangkit.

Kepala Desa Majapura, Retno Hendarwati senang melihat antusiasme warga atas festival yang baru pernah digelar ini. Meskipun sempat hujan lagi di tengah acara, warga tetap tak bubar jalan. “Ternyata Majapura bisa menampilkan potensinya,” ujar Retno.

Ketua Karangtaruna Kabupaten Purbalingga, Bambang Irawan mengaku turut menyala semangatnya setelah datang di Majapura Murub. “Acara ini tidak akan bisa berjalan tanpa adanya semangat dan kekompakan semua elemen. Ini luar biasa,” kata dia.

Dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Heriyanto, Bupati Purbalingga bicara soal festival desa yang bisa dikemas sebagai ruang menampilkan potensi-potensi yang ada di desa itu.

“Kalau bisa dikemas baik, festival seperti ini bisa menjadi ikon desa,” kata Bupati lewat sambutan yang dibacakan Kepala Dindikbud Purbalingga.

Foto dokumentasi panitia

ADVERTORIAL

Tinggalkan Balasan