Tiga Nilai Penting yang Bisa Diambil dari Grebeg Onje

BRALING.COM, PURBALINGGA – Grebeg Onje sudah siap digelar di Desa Onje, Kecamatan Mrebet pada 17-19 Mei 2017. Budayawan Purbalingga, Agus Sukoco menyebut setidaknya ada tiga nilai penting dari gelaran itu.

Ketika konferensi pers di Operation Room Graha Adiguna, Senin 15 Mei 2017, Agus bilang bahwa nilai itu sangat penting bagi masyarakat Purbalingga mengingat Desa Onje disebut sebagai desa awal mula Kota Perwira ini.

Nilai yang pertama ialah sebagai ruang kontemplasi sejarah. Menurut Agus, salah satu hal yang penting dalam membangun peradaban ialah untuk menengok sejarah. “Supaya tahu asal usul, tahu jati diri kita,” kata Agus.

Kedua, sarana memahami kedaulatan jati diri. Selama ini, Agus menjelaskan, penjajahan kolonial sudah mencabut masyarakat dari sejarah dirinya. Nilai-nilai yang disampaikan leluhur dikesankan sebagai sesuatu yang usang dan patut ditinggalkan.

“Orang Purbalingga yang tak memahami sejarah Purbalingga itu artinya tak lagi berdaulat,” kata Agus.

Ketiga, media bagi artefak sejarah untuk “bicara”. “Artefak yang selama ini membisu kembali bicara. Apa yang sebenarnya nilai yang disampaikan leluhur kepada kita,” ucap Agus Sukoco.

Sejumlah acara sudah dipersiapkan secara berantai dari pagi hingga malam untuk meramaikan Grebeg Onje ini. Koordinator pengelola Grebeg Onje, Yudhia Patriana bilang event ini juga bagian dari menyambut datangnya Ramadhan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Purbalingga, Imam Hadi berharap Grebeg Onje bisa digelar secara rutin. Karenanya, sisi budaya yang sudah ada di Desa Onje bisa dikemas menarik bagi wisatawan.

Jadwal lengkap agenda program ini bisa diakses di situs Grebeg Onje.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

Read previous post:
Ini Baru Keren, Yuk Ramaikan Ganesha Fest 2017!

BRALING.COM, PURBALINGGA - Pekan ini, Purbalingga punya event keren yang nggak boleh Kamu lewatkan. Kenapa? Karena Ganesha Fest 2017 bakal menampilkan sejumlah...

Close