Pawarta Pilihan Plesir

Wisata Purbalingga Siap Menyambut Libur Lebaran

BRALING.COM, PURBALINGGA – Purbalingga diyakini telah siap menghadapi mudik dan libur lebaran. Tak hanya dari sektor infrastruktur, dari lini wisata juga sudah menegaskan kesiapannya.

Secara ambisius, dunia pariwisata Kota Braling ini, mulai dari objek wisata hingga desa wisata, menargetkan kunjungan wisatawan hingga 245 ribu wisatawan. Target itu dikejar salah satunya dengan menambah atau memperbaharui wahan wisata.

Plt Direktur PD Owabong, Hartono mengatakan selama periode 22 Juni hingga 16 Juli, PD Owabong mentarget kunjungan 120 ribu wisatawan. Mereka mengandalkan Owabong, Owabong Cottage, Taman Kota Usman Janatin hingga Sanggaluri Park.

Hartono mengungkapkan, salah satu senjata utamanya ialah dengan hadirnya Monumen Art di Taman Kota Usman Janatin. Pengelola sudah menyiapkan wahana selfie seperti gambar 3D binatang, ruang tamu terbalik dan kamar terbalik.

“Wahana ini merupakan wahana baru dan diharapkan menjadi sasaran kunjungan wisatawan yang hobi foto selfi,” kata Hartono. Tiket masuknya Rp 20 ribu.

Sementara itu, desa-desa wisata juga melakukan pembenahan dengan menghadirkan wahana baru. Kemudian juga memasang peta lokasi wisata hingga memasang baliho selamat datang di kawasan wisata.

Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi berkata pembenahan memang penting dalam menghadapi kunjungan wisata. Prinsip Sapta Pesona disebutnya harus menjadi acuan bagi pengelola objek wisata.

“Untuk kebersihan, saya mengecek langsung kondisi toilet di lokasi daya tarik wisata. Kebersihan toiletnya bisa menjadi indikator kebersihan wahana dan lingkungan obyek daya tarik wisata itu sendiri,” kata Wabup Tiwi.

Sebagai informasi, tahun 2016 lalu dari target kunjungan 250 ribu orang, realisasinya mencapai 361.790 orang wisatawan. Kunjungan terbesar masih didominasi Owabong, Taman Wisata Purbasari Pancuranmas dan Goa Lawa.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan