Gaya Pawarta

Ini Penyebab Kamu Beruban di Usia Muda

BRALING.COM, PURBALINGGA – Meskipun identik dengan orang berusia lanjut, kini tidak sedikit orang yang tergolong usia muda namun sudah beruban. Hal ini pun membikin mereka gelisah karena uban akan membuat mereka memiliki penampilan lebih tua dari usia sebenarnya.

Dikutip dari National Geographic Indonesia, pakar penuaan dari Mayo Clinic, Dr James Kirkland menjelaskan, mengatakan setiap orang dapat memiliki uban di sepanjang hidupnya, namun keseimbangannya berkurang di usia 40 hingga 50 tahun, dengan tingkat perubahan yang bervariasi sesuai genetik, jenis kelamin dan etnis.

Ia menyontohkan bahwa orang kulit hitam cenderung lebih lama beruban dibanding orang dari ras Kaukasia. Sementara orang Asia berada di antara kedua ras tersebut. Selain itu, perempuan lebih cepat beruban dibanding pria.

Faktor seperti genetik juga tak bisa dilepaskan dari rambut beruban. Bila salah satu atau kedua orangtua Anda lebih cepat beruban, maka Anda akan cenderung beruban di usia muda.

Kebiasaan merokok juga bisa mempercepat timbulnya uban dan rambut putih yang muncul terlalu dini tersebut merupakan tanda penyakit autoimun, gangguan tiroid dan jantung. “Jika Anda memiliki penyakit jantung dan rambut Anda beruban, itu bisa jadi tanda perburukan penyakit,” kata Kirkland.

Dr Wilma Bergfeld, Ahli dermatologi dari Cleveland Clinic berkata menyebut kekurangan nutrisi sebagai salah satu pemicu uban yang prematur. “Semuanya ditentukan oleh kesehatan sel penghasil pigmen,” ujar Bergfeld. Menurutnya, dia tidak tahu ada orang yang beruban karena penurunan berat badan atau pun olahraga berat.

Semua aktivitas yang merusak rambut, seperti kehilangan berat badan sampai 20 kilogram atau perawatan kemoterapi, lebih berdampak pada kerontokan rambut daripada mengubah warnanya. Sayangnya, hingga saat ini belum ada obat yang mampu mengembalikan warna rambut.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan