Gaya Pilihan

Konsumen Lebih Suka Mencari Rumah di Internet

BRALING.COM, JAKARTA – Kehadiran internet telah mempermudah Kita untuk mencari sesuatu lewat layar, baik lewat pc, laptop bahkan handphone. Termasuk mencari properti seperti rumah.

Di zaman sekarang ini, semakin banyak orang yang mencari barang dengan mengakses internet. Tidak lagi seperti zaman dulu yang menggunakan iklan di media massa atau bertanya-tanya kepada orang terdekat.

“Berdasarkan data kami, sekitar 95% pencari rumah melakukan pencarian untuk pertama kali lewat internet. Setelah itu baru cek langsung ke lokasi,” ujar Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan di Jakarta, seperti dikutip Marketeer.com.

Setelah mencari informasi secara online, itulah kemudian terbentuk sebuah customer journey konsumen propert. Menurut Ike, dari awal niat dan mencari rumah lewat internet, keputusan membeli baru akan terjadi sekitar enam sapi sembilan bulan kemudian.

Selepas searching, konsumen akan cek ke lokasi. Apakah betul fisik rumah sesuai yang ada di gambar. Pencarian internet itu juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk melakukan pemilahan rumah mana saja yang akan dicek dan dikunjungi. Kalau cocok, konsumen baru mencari financing yang tepat.

“Dari proses enam sampai sembilan bulan itu tidak serta merta segampang itu sebenarnya. Orang Indonesia kecenderungan mencari restu keluarga dulu baru membeli. Kadang ibunya ingin begini, bapaknya ingin begitu, sampai kakak adik juga ikut mempengaruhi keputusan membeli rumah. Itu yang lama,” Ike menjelaskan.

Behavior lain terkait pembelian properti adalah waktu paling populer ketika mulai mencari lewat internet. Ternyata bukan hari libur seperti Sabtu dan Minggu. Waktu paling populer justru hari Kamis, antara jam sebelas siang sampai jam lima sore.

Setelah ditelisik ternyata karena Senin sampai Rabu konsumen fokus bekerja. Hari Kamis mereka mulai melonggarkan waktu untuk mencari, sekalipun di jam kerja. “Hari Jumat nyantai sebentar, weekend-nya langsung jalan ke lokasi,” imbuh Ike lagi.

BANGKIT WISMO

4 thoughts on “Konsumen Lebih Suka Mencari Rumah di Internet”

Tinggalkan Balasan