merawat-rambut-rusak
Gaya Pawarta

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

BRALING.COM, PURBALINGGA –¬†Setiap orang selalu mendambakan memiliki rambut kuat dan sehat. Meskipun sudah melakukan perawatan, tidak jarang masalah masih saja melanda rambut.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada rambut adalah kerontokan. Dikutip dari Liputan 6, setidaknya ada lima kebiasaan yang membuat rambut mudah rontok.

Menyisir rambut

Menyisir rambut setelah mandi dengan kondisi rambut yang masih basah, ternyata dapat merusak rambut. Ini karena kutikula rambut terangkat sedikit yang berfungsi melindungi rambut.

Karena itulah, sebaiknya jangan terburu-buru saat setelah mandi, tunggulah rambut mengering secara alami. Setelah itu baru, menyisir rambut dan menggunakan vitamin rambut.

Pemanas rambut

Menggunakan pemanas rambut seperti catokan, pengeriting rambut, bisa membuat rambut cepat rusak. Suhu panas yang tinggi membuatprotein rambut dan kutikula cepat rusak, yang kemudian mengakibatkan rambut lebih tipis.

Kalau ternyata Kamu tidak dapat jauh dari pemanas rambut, cobalah rutin menggunakan produk perawatan rambut. Gunakan vitamin atau serum rambut sebelum rambut dicatok.

Perawatan rambut bisa dilakukan dengan cara yang mudah, salah satunya potong rambut.

Jarang potong rambut

Rambut juga perlu mendapatkan perawatan yang cukup. Nah, perawatan yang paling mudah dilakukan ialah potong rambut. Membiarkan rambut terlalu panjang juga tidak terlalu bagus.

Potong sedikit ujung rambut juga salah satu solusi, untuk mencegah rambut gampang rontok. Minimal guntinglah rambut Anda, 3 atau 4 bulan sekali.

Pola makan yang berantakan

Dengan alasan sedang diet, orang sering melupakan mengkonsumsi makan makanan sehat. Lakukanlah diet yang sehat dan seimbang, jangan sampai kekurangan kandungan protein dan besi.

Kurangnya kandungan nutrisi ini dapat menyebabkan, rambut semakin tipis dan mudah rusak. Bukan hanya itu saja, mulailah hindari mengkonsumsi makanan cepat saji.

Mengikat rambut

Rambut rusak dan rontok juga disebabkan oleh kebiasaan mengikat rambut terlalu tinggi atau erat. Rambut yang diikat membuat tekanan yang berlebihan pada folikel rambut, dan merusaknya.

Hindari mengikat rambut menggunakan karet gelang, terbukti karet gelang membuat rambut semakin rontok.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan