Gaya Pilihan

5 Rekomendasi Kopi Terbaik untuk Minum Kopi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Jika Kamu masih bingung mau ngapain di akhir pekan ini, mungkin ngopi bisa jadi pilihan kegiatan yang seru. Kamu bisa ngopi sendirian sambil bersantai atau malah ngopi bareng-bareng dengan teman.

Indonesa mempunyai banyak kopi sekali varian yang bisa kamu nikmati. Mulai dari Sabang sampai Merauke punya berbagai varian kopi unggulan yang sudah diakui kenikmatannya di dunia.

Tiap varian memiliki karakteristik masing-masing. “Memilih kopi itu sesuai selera, yang diperhatikan biasanya body kopi, flavor, dan keasaman,” kata Viki Rahardja barista senior Indonesia kepada Kompas.com.

Viki Rahardja pun punya rekomendasi lima jenis kopi arabika terbaik dari lima daerah di Indonesia yang bisa Kamu pilih sebagai teman ngopi.

Kopi Aceh Gayo dari Aceh

Kopi jenis Aceh Gayo ini mewakili karakter kopi arabika dari daerah Sumatera. Rasanya strong atau kuat pahitnya namun tetap nikmat. Dilihat dari body, kopi khas Aceh ini kental, atau disebut full body.

Baca : Inilah Tradisi Minum Kopi Di Dunia

Kopi Toraja Kalosi dari Tana Toraja

Kopi ini sangat tersohor kenikmatannya. Rasanya bernuansa kecokelatan, tembakau, atau caramel. Dari segi keasaman dan body menurutnya medium, cocok bagi semua kalangan yang tidak suka terlalu asam atau terlalu pahit.

Kopi Wamena dari Papua

Menurut Viki, Kopi Wamena ini termasuk jenis kopi langka. Salah satu alasannya karena memanennya, harus naik gunung sampai naik helikopter. Kenikmatannya berasal dari medium tanam yang berada di sekitaran tebing dengan minimum ketinggian 2.000 mdpl.

Proses panen dan lokasinya yang sulit dijangkau tersebut membuatnya semakin enak. Tentunya harga jualnya juga akan semakin mahal. “Kalau dari rasa, taste-nya balance, mild jadi gak terlalu asam atau manis,” kata Viki.

Kopi Malabar dari Jawa Barat

Kopi arabika yang satu ini ditanam di dataran yang tidak terlalu tinggi, tetapi proses pasca panennya yang rapih dan terstruktur membuat hasilnya menjadi salah satu yang terbaik. Viki mengatakan kopi ini dibuat ada yang natural process, semi wash sampai full wash process.

Kopi Flores dari Nusa Tenggara Timur

Kopi flores memiliki rasa yang sangat beragam mulai cokelat, spicy, tembakau, strong, citrus, bunga, hingga kayu. Dengan tekstur kental, kopi ini cenderung memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Jadi, sudah tidak perlu lagi bingung mau memilih kopi apa kan malam ini? Atau Kamu sudah punya rekomendasi lain untuk ngopi di akhir pekan ini?

BANGKIT WISMO

One thought on “5 Rekomendasi Kopi Terbaik untuk Minum Kopi”

Tinggalkan Balasan