kantuk-saat-kerja-di-kantor
Gaya

7 Cara Mengatasi Kantuk Ketika Jam Kerja

BRALING.COM, PURBALINGGA – Tidak sedikit orang yang mengalami kantuk saat di tempat kerja. Kondisi ini tentu saja bisa mengganggu kinerja atau menimbulkan rasa tidak enak di lingkungan kerja.

Banyak faktor yang bisa memicu munculnya rasa kantuk saat bekerja. Mulai dari kebiasaan tidur yang buruk, porsi tidur yang sedikit, bekerja shift, jet lag karena perjalanan jauh hingga penyakit tertentu.

Kalau Kamu sering mengalami mengantuk di tempat kerja, menurut Alodokter.com, beberapa cara ini dapat Kamu lakukan, di antaranya:

Tidur siang

Tidur siang menghilangkan rasa kantuk dan membuat kamu kembali beraktifitas. Namun, tidak perlu tidur terlalu lama. Cukup luangkan waktu 10-20 menit agar Kamu bisa kembali menemukan kinerja yang lebih baik lagi di tempat kerja.

Mengganti tugas

Coba deh untuk mengganti atau melakukan lebih banyak tugas untuk mengurangi rasa kantuk. Berbagai aktivitas bisa merangsang otak untuk bekerja dan konsentrasi sehingga rasa kantuk berkurang.

Atur Napas

Menarik napas dalam-dalam bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, sehingga memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi. Latihan pernapasan ini juga dapat menjadi salah satu cara agar Anda merasa rileks.

Baca : 5 Rekomendasi Kopi Terbaik Untuk Minum Kopi

Minum air putih

Tubuh yang dehidrasi mudah kelelahan dan mengantuk. Meminum banyak cairan dan mengonsumsi makanan tinggi air seperti buah dan sayuran. Tanda-tanda dehidrasi selain mengantuk yaitu haus, bibir kering, dan warna urine kekuningan dan pekat.

Banyak bergerak

Berjalan setidaknya 10 menit dapat meningkatkan energi selama 2 jam. Hal itu karena berjalan dapat memompa oksigen untuk melalui pembuluh darah, otak, dan otot Anda. Dengan berjalan santai di sekitar tempat kerja, Kamu akan merasa lebih segar.

Alihkan pandangan mata

Menatap ke arah layar komputer secara terus menerus menyebabkan kelelahan mata dan memperburuk rasa kantuk. Alihkan perhatian dari layar dan melihat sekeliling secara berkala akan membuat rileks mata Kamu.

Makan Camilan

Camilan yang mengandung protein dapat membuat energi kembali naik, lemak membuat energi Kamu bertahan sehingga Kamu terhindar dari mengantuk di tempat kerja. Pilihlah camilan yang rendah garam agar asupan garam tidak berlebih.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan