Pawarta Pilihan

Bandara di Purbalingga Akan Beroperasi Tahun 2020

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga kembali menghembuskan angin harapan pembangunan Landasan Udara (Lanud) Wirasaba atau yang kini dikenal sebagai Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Dalam keterangan pers Dinkominfo Purbalingga, Bupati Purbalingga, Tasdi menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo sudah menjanjikan bandara yang terletak di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja itu beroperasi pada tahun 2020.

“Untuk pembangunan bandara tidak hanya asal membangun, namun dengan konsep yang matang sehingga diperlukan anggaran Rp 350-400 miliar,” kata Bupati Tasdi.

PT Angkasa Pura II (Persero) akan bertanggungjawab dalam pengelolaan bandara yang sudah lama dinanti ini. Bandara di Purbalingga menjadi salah satu bandara yang sedang dalam proses pengambilalihan oleh PT Angkasa Pura II.

Baca : Menhub Segera Bahas Rencana Bandara Jenderal Soedirman

Sejauh ini, dikutip dari Radar Banyumas, tim dari Angkasa Pura II sudah melakukan survei ke lokasi pengembangan bandara. Hasilnya juga sudah disampaikan ke Menteri BUMN.

Kemudian akan dibentuk tim percepatan pembangunan yang melibatkan perwakilan Kemenhub, TNI AU, Angkasa Pura II, Dinhub Provinsi Jateng, dan Dinhub Kabupaten Purbalingga.

Dari survei tersebut diketahui bahwa Bandara Jenderal Besar Soedirman tak hanya untuk pesawat jenis ATR, tetapi juga untuk pesawat jenis Boeing. Sebab, lahan yang ada bisa untuk membangun landasan pacu sepanjang 1.800 meter.

BANGKIT WISMO

One thought on “Bandara di Purbalingga Akan Beroperasi Tahun 2020”

Tinggalkan Balasan