Pawarta Pilihan

Begini Rencana Pembangunan Bandara di Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – PT Angkasa Pura II (Persero) menyiapkan skema pembangunan Bandara Jenderal Besar Seodirman di Purbalingga. Targetnya, tahun 2020 mendatang, bandara ini sudah dibuka untuk komersil.

Seperti dikutip dari detik.com, Sekretaris Perusahaan AP II, Agus Haryadi mengakui bahwa keberadaan bandara di Desa Wirasaba ini memang punya potensi sebagai bandara komersil.

Sebab, bandara seluas 135 Hektare yang masih dikekola TNI AU ini bisa menyasar penumpang dari Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Pekalongan, dan Banyumas.

“Bandara Purbalingga statusnya sekarang TNI AU. Potensi Wirasaba ini luar biasa setidaknya cover 4 wilayah. Lahannya juga cukup luas ada 135 hektar, ini cukup luas dikembangkan,” kata Agus di Hotel Farrer Park, Singapura, 29 Juli 2017.

bandara-wirasaba-purbalingga-pesawat-garuda-boeng
Bandara di Purbalingga ini ditarget bisa didarati oleh pesawat berbadan besar.

AP II pun sudah menyiapkan skema pembangunan bandara yang sudah eksis dari tahun 1938 itu. Rencananya ada dana Rp 350 miliar untuk pengembangan bandara tahap pertama yang meliputi pembangunan terminal, taxiwayapronrunway, dan tower.

Perusahaan milik pemerintah ini akan membuat bandara dari zaman Belanda ini bisa menampung 500.000 penumpang per tahun. “Sekarang green field, jadi enggak bisa dipakai sama sekali,” jelasnya.

“Kita bangun baru, bangun infrastruktur 2 tahun, jadi targetnya 2020 awal sudah mulai ada penerbangan,” kata Agus sambil menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Purbalingga ingin rencanan itu bisa dipercepat.

Baca : Bandara Di Purbalingga Akan Beroperasi Tahun 2020

Kedepan, panjang runway di Bandara Jenderal Besar Soedirman akan dibangun hingga 2.200 meter. Dengan begitu, pesawat berbadan sedang seperti Boeing 737 bisa mendarat di Purbalingga.

“Agar efisien kita maunya bisa panjang sampai 2.200 meter. Karena pekerjaan ini kan susah bangun baru, jadi supaya lebih efisien sekalian saja (panjang),” kata Agus.

Bupati Purbalingga Tasdi berharap Pemerintah Pusat akan segera bisa merealisasikan pembangunan bandara. “Kami atas nama masyarakat Purbalingga akan meminta realisasi pembangunan bandara Soedirman,” kata Tasdi.

Realisasi Bandara Soedirman diyakini bakal mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Purbalingga dan pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat Purbalingga dan sekitarnya.

BANGKIT WISMO

2 thoughts on “Begini Rencana Pembangunan Bandara di Purbalingga”

Tinggalkan Balasan