kelas-puisi-kelas-menulis-purbalingga
Pawarta

Belajar Puisi di Kelas Menulis Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Puisi bukan karya sastra yang hanya berkaitan dengan keindahan kata-kata. Melainkan juga karya yang mengandung makna, baik bagi penulis maupun penikmatnya.

Pegiat Komunitas Teater dan Sastra Perwira (Katasapa) Agus Triono mengatakannya di Kelas Puisi yang digelar Kelas Menulis Purbalingga di Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Purbalingga, Minggu 13 Agustus 2017.

“Karena itu penting untuk memilih diksi yang pas dengan makna atau pesan yang akan diungkapkan. Jangan sampai malah menggunakan diksi yang membuat bahasa puisi menjadi lebay,” kata Agus karib disapa Agustav.

Puisi yang baik juga harus bisa menampilkan sikap dari si penyiar atas masalah atau gagasan yang menjadi tema puisi. “Misalnya, mau mengangkat tema koruptor, Apakah kita akan mengutuk atau kasihan,” ujar dia.

Peserta kelas puisi juga mengikuti sesi apresiasi karya sejumlah penyair dan praktik membuat puisi. “Dari karya orang lain, kita bisa belajar bagaimana cara meramu pesan, diksi dan simbol menjadi puisi yang bagus,” kata Agustav.

Materi tentang puisi diangkat dalam format workshop lantaran genre sastra yang satu ini memang dekat dengan anak muda. Materinya diberikan dengan berbagi pengalaman, sehingga peserta tidak ragu menyampaikan pemikiran dan pendapatnya tentang puisi.

Kelas Menulis Purbalingga digelar sejak tahun 2010. Kelas ini terbuka bagi pelajar hingga pekerja. Kelas Menulis Purbalingga menghadirkan pemateri dari berbagai komunitas.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan