pulau-indonesia-maritim
Pawarta

Ini Jumlah Resmi Pulau yang Ada di Indonesia

BRALING.COM, PURBALINGGA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sering bercerita dan mengajukan pertanyaan tentang jumlah pulau yang ada di Nusantara ini. Sebenarnya, berapa jumlah pulau di Indonesia?

Kepala Badan Informasi Geospasial Hasanuddin Z. Abidin menjelaskan bahwa pada tahun 2012 lalu, Indonesia mencatat ada 13.466 pulau di negara ini. Semua pulau itu telah memiliki nama dan koordinat.

Dan pada Agustus 2017 ini, Indonesia mendaftarkan update jumlah pulau ke PBB melalui forum United Nations Conferences on the Standardization of Geographical Names (UNCSGN) dan United Nations Group of Experts on Geographical Names (UNGEGN), yang berlangsung 7 – 18 Agustus 2017 di New York, Amerika Serikat.

Dalam forum tersebut, delegasi Indonesia mendaftarkan 2.590 pulau lagi kepada PBB. “Sehingga jumlah pulau di Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang didaftarkan sebanyak 16.056 pulau sudah mempunyai nama dan berkoordinat,” jelas Hasanudin Z Abidin.

jumlah-pulau-di-indonesia
Pulau Sebatik, yang berbagi wilayah dengan Malaysia (sumber: Rimanews)

Situs Good News From Indonesia menyebut pengakuan PBB atas 16.056 pulau milik Indonesia tersebut sebagai kado istimewa di Peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 RI.

Hasanuddin Z. Abidin menjelaskan UNCSGN merupakan forum yang diselenggarakan setiap lima tahun oleh PBB, sementara pertemuan UNGEGN sebagai wadah untuk menindaklanjuti implementasi dari resolusi yang disepakati pada UNCSGN.

Indonesia secara aktif berpartisipasi pada kedua forum tersebut terutama terkait pembakuan nama rupabumi.

“Pembakuan nama rupabumi ini memiliki peran yang penting terutama terkait wilayah dan kedaulatan negara, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau yang tidak sedikit,” kata Hasanuddin.

peta-kepulauan-indonesia
Peta kepulauan Indonesia (sumber: liputan6.com)

“Banyaknya pulau itu memiliki potensi yang bisa mengganggu kedaulatan bangsa terutama untuk pulau yang terletak di area perbatasan dan belum memiliki kesepakatan dengan Indonesia,” jelas Kepala BIG Hasanuddin.

Disamping itu, selama ini, jumlah pulau di Indonesia selama ini memiliki jumlah yang berbeda dari beberapa sumber data yang berbeda. Melalui forum itu, diharapkan akan ada keabsahan data jumlah pulau di Indonesia.

Sebagai informasi, BIG merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang geospasial. BIG bertugas menyelenggarakan survei toponim yang memegang peran penting dalam pembakuan nama rupabumi, baik secara nasional maupun internasional.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.