Pawarta Pilihan

Pembangunan Bandara Jenderal Soedirman Dimulai Oktober 2017

BRALING.COM, PURBALINGGA – PT Angkasa Pura (AP) II sudah berencana untuk membangun Bandara Jenderal Soedirman di Purbalingga akan mulai pada Oktober 2017 mendatang.

Kabar itu disampaikan ketika Men Perhubungan Budi Karya Sumadi, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso datang ke Lanud Wirasaba, Minggu 6 Agustus 2017.

Presiden Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan review Detail Enginering Desaign (DED) akan selesai dalam dua bulan kedepan. Ground Breaking bisa dilaksanakan pada Oktober – November 2017.

“AP II akan menyiapkan dana Rp 350 miliar untuk runway, taxiway dan fasilitas lain. Untuk maskapai nanti terbuka bagi siapa saja, bisa Garuda, Lion dan maskapai nasional lainnya,” kata Muhammad Awaludin.

bandara-di-purbalingga-beroperasi
Setelah berkunjung ke Bandara Jenderal Soedirman, Menhub, Presiden Direktur AP II, Bupati Purbalingga selfie bersama

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yakin sekali jika Bandara Jenderal Soedirman di  Purbalingga beroperasi paling lambat akhir tahun 2018. Keyakinan ini lebih cepat dibandingkan target operasional pada tahun 2020 mendatang.

Untuk tujuan percepatan itu, Pemkab Purbalingga diminta menyiapkan pembebasan lahan untuk perpanjangan landasan pacu dan pembenahan prasarana jalan menuju bandara.

“Minggu ini kami akan memberikan surat persetujuan kepada Angkasa Pura II untuk mengelola Bandara Jenderal Besar Soedirman. Tembusan suratnya akan kami sampaikan juga ke Menteri BUMN, KSAU, Gubernur Jawa Tengah, dan Bupati Purbalingga,” kata Menteri Budi Karya Sumadi.

Baca : Begini Rencana Pembangunan Bandara Di Purbalingga

Dikatakan Menhub, akan ada landasan dengan panjang 2.000 atau 2.400 meter. Juga ada bangunan terminal seluas 3.000 meter persegi yang cukup untuk menampung 500.000 orang per tahun.

“Ini kolaborasi yang sangat cantik antara AP II, Kemenhub, TNI AU dan Pemkab Purbalingga. Kami targetkan selesai pembangunan dan mulai dioperasikan akhir tahun 2018,” kata Menhub Budi.

Bupati Purbalingga Tasdi sangat yakin jika bandara ini akan mendukung ekonomi dan pembangunan di wilayah Jawa Tengah bagian selatan terus bertumbuh. Pergerakan investasi dan pariwisata di Purbalingga juga akan pesat pertumbuhannya

Pemkab Purbalingga telah menyiapkan dana Rp 30 miliar untuk pembebasan lahan guna perluasan landasan pacu bandara. “Juga membangun infrastruktur seperti pembangunan jembatan Linggamas dan pelebaran jalan akses menuju bandara,” kata Tasdi.

BANGKIT WISMO

One thought on “Pembangunan Bandara Jenderal Soedirman Dimulai Oktober 2017”

Tinggalkan Balasan