Plesir

Tips Berwisata ke Desa Wisata di Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Berwisata ke desa wisata sedang menjadi salah satu tren berwisata di Indonesia. Udara bersih, lingkungan yang alami dan adat istiadat  membuat turis senang liburan ke desa.

Purbalingga punya banyak desa wisata dan juga rintisan desa wisata. Kebanyakan desa-desa tersebut mengandalkan keindangan alam sebagai kekuatan untuk menyedot perhatian wisatawan.

Akan tetapi, berwisata ke desa tidak sama dengan berwisata di objek wisata atau bahkan wisata di wilayah perkotaan. Ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui sebelum berwisata di desa wisata.

Berikut ini tips khusus dari detikTravel jika ingin liburan ke desa wisata sana. Inilah 5 tips liburan ke desa wisata.

Baca : 6 Tempat Wisata Di Purbalingga Yang Pantang Dilewatkan

Mencari informasi

Datang ke desa wisata jangan asal datang. Desa wisata biasanya memiliki serangkaian acara menarik. Mulai dari pesta rakyat, hingga acara budaya yang kental dengan adat istiadat.

Cari informasi lengkap tentang event, adat istiadat, penginapan hingga fasilitas transportasi menuju desa wisata tersebut. Dengan begitu Kamu bisa merasakan kenikmatan berwisata di desa.

Hormati aturan di desa

Setiap desa wisata pastinya memiliki peraturan yang wajib dipatuhi, termasuk oleh wisatawan yang datang. Traveler yang baik pasti akan menghormati destinasinya. Karenanya, jangan sungkan bertanya perihal peraturan yang ada, baik tertulis maupun tidak.

Ramah terhadap penduduk

Meski ada pepatah yang mengatakan “Tamu adalah raja”, ini bukan berarti kamu bebas bertingkah sepuasnya dan berlaku sombong terhadap penduduk sekitar. Bersikap ramah dan tebar senyum terhadap penduduk sekitar malah akan membuat Kamu merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca : Purbalingga Kembangkan 6 Desa Wisata Baru, Mana Saja?

Jaga kebersihan

Sebagai turis yang bertanggung jawab, jagalah selalu kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan demi menjaga kelestarian desa wisata yang sudah jarang ditemui.

Jangan merusak

Saat berwisata ke desa, jangan merusak segala sesuatu yang sudah ada di desa. Jangan mencoret-coret tembok. Jangan pula mencabut tanaman sembarang. Rawatlah desa wisata layaknya kampung halaman sendiri.

BANGKIT WISMO

One thought on “Tips Berwisata ke Desa Wisata di Purbalingga”

Tinggalkan Balasan