sma-negeri-1-purbalingga
Pawarta

Guru SMAN 1 Purbalingga Juara 1 Lomba Inobel Jateng

BRALING.COM, PURBALINGGA – Guru Bahasa Jawa SMA Negeri 1 Purbalingga, Dr Sigit Mangun Wardoyo MPd menjadi Juara I  Lomba Karya Ilmiah Inovatif Pembelajaran (Inobel) Guru SMA Provinsi Jawa Tengah tahun 2017.

Sigit Mangun Wardoyo akan mewakli Jawa Tengah di ajang yang sama di tingkat nasional, Oktober mendatang. Perlombaan level nasional ini digelar Kemendikbud RI di Jakarta.

Sigit Mangun Wardoyo menceritakan bahwa saat tahap pertama lomba tingkat Jateng, diikuti  74 peserta. Setelah seleksi naskah, terpilih 35 nominator. Selama 17-19 September 2017 di Semarang, para nominator mengkuti seleksi presentasi dan wawancara.

“Saya memilih materi tentang inovasi pembelajaran Bahasa Jawa di SMAN 1 Purbalingga,” jelas Sigit yang meraih gelar doktor bidang lingusitik di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Dalam seleksi tahap kedua itu, Sigit membawakan karya ilmiah berupa hasil Penelitian Tindakan Kelas yang diberi judul “Pembelajaran Batu Akik Model Klawing: Optimalisasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Sosial Siswa dalam Kemampuan Baca Tulis Aksara Jawa”.

Sigit Mangun wardoyo yang juga sebagai dosen tamu di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unsoed ini mengemukakan, pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Batu Akik model Klawing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 Purbalingga.

“Hasil  belajar  siswa mengalami peningkatan  dibandingkan dengan kondisi awal pembelajaran. Pada studi awal ketuntasan belajar siswa baru mencapai 43%.  Pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa adalah 71% sedangkan pada siklus II sebesar 100%.  Adapun untuk nilai rata rata siswa pada studi awal 65, pada siklus I 79, dan pada siklus II adalah 85,” Sigit menjelaskan.

Dijelaskan  juga, pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Batu Akik model Klawing dapat meningkatkan Sikap sosial siswa di SMA Negeri 1 Purbalingga. Sikap sosial  Bahasa Jawa  mengalami peningkatan  dibandingkan  dengan  siklus I.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan