Pawarta

Kenapa Perempuan Enggan Meminjam ke Bank?

BRALING.COM, JAKARTA – Kaum perempuan semakin banyak yang berkiprah di ranah bisnis. Bahkan berdasarkan data dari International Finance Corporation, setengah dari perusahaan UKM di Indonesia dimiliki oleh perempuan.

Tidak hanya mendominasi sebagai pengusaha UKM, ada sebuah fenomena yang menarik. Yakni para perempuan lebih percaya untuk meminjam uang kepada rekannya, ketimbang meminjam di bank.

Head of Communications Commonwealth Bank, Safitri Damajanti menyebutkan, 42% wanita di Indonesia menganggap urusan dengan perbankan adalah hal yang rumit serta ribet. Karena itulah, kalangan wanita enggan dan takut untuk meminjam uang di bank.

Dikutip dari Marketeer.com, Moza Pramita Pramono, Ketua Komite Pendidikan dan Pelatihan IT Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Pusat (IWAPI) juga menyebutkan bahwa mengajukan pinjaman di bank, akan ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

“Banyak yang pinjam ke rekan terdekat, karena ketika datang ke bank yang ditanya adalah jaminannya apa. Bagaimana kalau semisal dia belum berkeluarga. Akhirnya, banyak yang pinjam uang ke orangtua untuk memulai bisnis,” Moza menjelaskan.

Baca: Konsumen Lebih Suka Mencari Rumah Di Internet

Moza menambahkan, kaumperempuan memiliki cara yang unik dalam memulai bisnis. Dia mencontohkan jika sudah bertekad membuka bisnis biasanya para pengusaha ini akan patungan dengan rekan-rekan yang memiliki semangat yang sama.

Walaupun enggan untuk meminjam uang, nyatanya kaum perempuan merupakan golongan yang mudah dalam melunasi pinjaman. Director Mastercard Indonesia Tommy Singgih berkata perempuan lebih memahami dan mengetahui tentang pendapatan yang didapatkannya, sehingga mereka memiliki prioritas terutama untuk melunasi pinjaman.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan