cara-hamil-bayi-cerdas
Pawarta

Cara Mudah Memiliki Bayi Sehat dan Cerdas

BRALING.COM, PURBALINGGA – Orang tua mana yang tidak menginginkan memiliki bayi cerdas dan sehat. Banyak faktor yang berperan dalam perkembangan otak janin. Salah satu faktor itu adalah kebiasaan ibu saat hamil.

Kebiasaan ini tidak hanya soal makanan atau malah tuntutan ngidam. Akan tetapi berkaitan dengan aktifitas sehari-hari ibu hami. Dikutip dari klikdokter.com, inilah lima kebiasaan ibu hamil yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan bayi.

Ibu yang selalu akif

Selalu menjaga kesejatan dan aktif adalah hal yang penting selama masa kehamilan. Membuat badan tetap bergerak dapat melatih tubuh untuk mengeluarkan hormon yang baik bagi perkembangan otak bayi.

Memberikan perhatian kepada janin

Bayi memang belum mengerti makna kata-kata Anda. Tetapi, kata-kata dan nyanyian Anda dapat membantu perkembangan otak bayi. Mendengarkan musik dan mengelus perut dengan pelan juga dapat membantu bayi tetap rileks dan meningkatkan daya konsentrasi.

Mempertahankan berat badan

Persalinan prematur sering menjadi penyebab cacat mental pada bayi. Salah satu cara untuk menghindarinya ialah menjaga berat badan. Berat badan ibu yang berlebihan sering menghasilkan kelahiran prematur.

Mendapatkan sinar matahari

Matahari adalah sumber utama vitamin D yang sangat penting saat hamil karena mampu membuat tulang sehat dan mengurangi dampak preeklampsia. Preeklampsia tidak hanya memengaruhi kondisi ibu, tetapi juga bisa menyebabkan down syndrome pada bayi.

Selalu tenang dan jangan stres

Janin tidak hanya bisa mendengar suara dan merasakan sentuhan, tetapi juga merasakan ketegangan dan stres pada ibu. Stres ketika hamil salah satunya dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan lahir dengan berat badan rendah.

Janin akan merespons segala bentuk tindakan, kata-kata, dan emosi pada ibu hamil. Oleh karena itu, ibu sangat disarankan menjadi pribadi yang positif agar dapat melahirkan bayi yang cerdas dan sehat.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan