Plesir

Duta Wisata Harus Mampu Promosi Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kota Perwira telah memilih Rudias Kresna dan Intan Kusuma Dewi sebagai Juara I Kakang dan Mbekayu Duta Wisata Purbalingga 2017 di Owabong Waterpark, Sabtu 30 September 2017.

Juara II dan III Kakang masing-masing diraih Anif Muchlasin dan Dava Wardana. Sedang juara II dan III Mbekayu masing-masing diraih Mutiara Prisfa Kinanti dan Andra Tiara Syafira.

Sementara untuk Juara Harapan I – III Kakang diraih Iman Galang Kamukten, Fadhil Jamaluddin Nur Rozaq dan Mahardi Kharisma. Juara Harapan I – III Mbekayu diraih Falen Hadi Putri, Ana Mariana Ulfah, dan Maria Agraini Rachmawati.

Kabid Pariwisata pada Dinporapar Purbalingga, Mulyanto mengakui bahwa tidak hanya jumlah pendaftar yang menurun dari tahun lalu, namun juga kualitas peserta. Tahun 2016 ada 123, sedangkan tahun ini cuma 77 orang.

“Dari sisi penyelenggaraan boleh dibilang sukses, namun kalau dari kualitas sepertinya mengalami penurunan terutama kemampuan peserta dalam berbahasa Inggris. Hal ini terlihat, dari enam pasang finalis yang mendapat soal undian berbahasa Inggris, malah dijawab dengan bahasa Indonesia,” kata Mulyanto.

“Jawaban dengan bahasa Indonesia itupun kurang mengenai sasaran. Padahal, di kancah pemilihan duta wisata tingkat provinsi nanti, kemampuan Bahasa Inggris aktif sangat diperlukan,” tambah Mulyanto.

Kepala Dinporapar Purbalingga, Imam Hadi menjelaskan dari seluruh peserta hanya ada 20 pasang finalis yang ikut babak final. Mereka telah mengikuti serangkaian kegiatan seperti mengunjungi daya tarik wisata, test kepribadian, presentasi dan karantina.

“Untuk juara I Kakang Mbekayu selanjutnya akan mengikuti seleksi tingkat Jateng yang akan berlangsung minggu ke empat bulan Oktober 2017 ini,” kata Imam Hadi yang juga ketua panitia.

Baca: Selamat! Inilah Juara Kakang Mbekayu Duta Wisata Purbalingga 2016

Bupati Purbalingga Tasdi berharap para juara Kakang Mbekayu Purbalingga bisa menjadi duta wisata bagi daerahnya. Bahkan diharapkan bisa memenangkan ajang serupa di kancah Jateng.

Hal ini karena Purbalingga juga punya target tinggi dalam dunia pariwisata di Jawa Tengah. Tasdi berobsesi kunjungan wisatawan ke Purbalingga paling tidak bisa menempati posisi urutan kedua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Magelang.

“Menempati posisi kedua setelah Kabupaten Magelang yang memiliki destinasi wisata Candi Borobudur,” kata Tasdi saat membuka acara tersebut.

“Pemkab Purbalingga berkomitmen terus mengembangkan daya tarik dan wahana wisata di Purbalingga. Hal ini sejalan pula dengan dukungan pembangunan bandara Jenderal besar Soedirman,” kata Tasdi.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan