dana-desa-purbalingga
Pawarta Pilihan

Polres Purbalingga Awasi Penggunaan Dana Desa

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kepala Kepolisian Resor Purbalingga, AKBP Nugroho Agus Setiawan SIK MH meminta jajaran Polres Purbalingga untuk aktif melakukan pengawasan penggunaan dana desa di Purbalingga.

Instruksi untuk mendukung pengelolaan dana desa yang efektif, efisien dan akuntabel itu disampaikan kepada kapolsek, Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas di Aula Loka Anindhita, Mapolres Purbalingga, Senin 23 Oktober 2017.

Program ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Kapolri, Mendagri dan Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi tentang pencegahan, pengawasan, penanganan permasalahan dana desa.

Kapolres AKBP Nugroho Agus Setiawan meminta pengawasan dilakukan untuk mengurangi risiko penyalahgunaan penggunaan dana desa. Bhabinkamtibmas harus bisa mengingatkan pemerintah desa apabila ada penggunaan dana desa yang tidak sesuai.

Kapolres menambahkan jangan sampai ada kapolsek ataupun Bhabinkamtibmas yang berbuat hal kontradiksi terhadap pengawasan dana desa. Bila perlu berikan bantuan konseling terkait penggunaan dana desa agar tidak melenceng dari ketentuan. Konseling bisa dilakukan bekerja sama dengan Sikeu Polres tanpa dipungut biaya.

“Kepolisian akan memberikan reward bagi anggota yang berprestasi dalam mengawal dana desa. Sedangkan bagi anggota yang terlibat penyelewengan dana desa akan ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” jelasnya di situs Tribrata News Polres Purbalingga.

Sementara itu, Wakapolres Purbalingga Kompol Sigit Martanto, S.H. mengatakan bahwa kegiatan pengawasan terhadap dana desa jangan dianggap sebagai beban. Namun harus dilaksanakan sebagai bagian tugas kepolisian.

“Sebagai anggota Polri harus mampu melayani dengan ketulusan dan mampu menjadi konsultan dalam pemecahan masalah. Termasuk dalam pengawasan dana desa sehingga tidak terjadi penyelewengan,” Wakapolres Kompol Sigit.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan