rumah-di-purbalingga-purwokerto
Pawarta Pilihan

Ternyata, Inilah Rumah Idaman Generasi Masa Kini

BRALING.COM, PURBALINGGA – Hal besar yang akan dihadapi oleh generasi kekinian alias millenials adalah kemampuan mereka untuk membeli rumah. Banyak data yang menyebutkan kaum millennials sulit untuk membeli rumah atau apartemen.

Kondisi ini bahkan sudah menjadi perhatian serius pemerintah. Di awal tahun 2017, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution gelisah dengan kemampuan generasi millennials yang tidak akan bisa menyicil untuk membeli rumah.

Dikutip dari Marketeer.com, kekhawatiran Darmin Nasution berdasarkan fakta bahwa dalam beberapa tahun terakhir, kenaikan gaji pegawai paling tinggi sebesar 10% per tahun. Nah, sementara kenaikan harga tanah di kota-kota besar sudah diangka 20-50%.

Solusi yang coba ditawarkan oleh pemerintah yakni dengan program perumahan mudah. Pemerintah sedang rajin menggulirkan program 1 Juta Rumah, terutama di kawasan penyangga kota dengan duit mencapai Rp 17 triliun.

Di lain sisi, ada fakta dari riset Karir.com pada 2016, rata-rata gaji millenials di Jakarta saja saat ini pada kisaran angka Rp 6,1 juta. Dari riset Rumah123.com untuk membeli rumah seharga Rp 300 juta minimal millenial memiliki penghasilan bulanan sebesar Rp 7,5 juta.

Harga rumah di Jakarta umumnya Rp 480 juta ke atas. Harga itu juga berlaku di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Meskipun tetap saja ada rumah yang harganya di bawah harga tersebut.

Baca: 4 Keuntungan Menggiurkan Dari Investasi Properti

Dengan kondisi data tersebut, Lamudi menyebutkan beberapa karakter rumah idaman bagi generasi kekinian alias milenial. Yakni millennials lebih suka untuk memiliki rumah dengan ukuran yang relatif kecil. Rumah dengan tipe 27 hingga 36 dengan kisaran harga Rp 300-500 jutaan.

Millennials juga tidak ingin rumahnya dipenuhi dengan furnitur. Mereka ogah kalau rumah terlihat sempit, untuk mengisi perabotan rumah, mereka ingin memiliki furnitur fungsional yang dapat memiliki lebih dari satu fungsi.

Internet juga hal yang sangat penting bagi generasi milenial. Dengan dipasangnya jaringan internet di dalam rumah, maka pemilik rumah bisa menggunakan untuk bekerja atau pun berselancar menggunakan sosial media.

Generasi millennials merupakan kelompok umur yang produktif dan biasanya mereka memiliki mobilitas yang tinggi. Banyak responden yang bisa menerima tinggal di pinggiran Jakarta asalkan memiliki akses transportasi umum ataupun tol.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan