bandara-soedirman-purbalingga
Pawarta

Infrastruktur Milyaran Rupiah Pendukung Akses Bandara Soedirman Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga mempersiapkan sejumlah akses jalan untuk mendukung keberadaan Bandara Jenderal Besar Soedirman. Akses itu ada yang ditingkatkan kualitasnya ada pula yang baru.

Bupati Purbalingga Tasdi mengatakan bahwa pembenahan infrastruktur menuju Bandara Soedirman sejatinya sudah dilakukan secara bertahap mulai dari tahun 2012 silam. Yakni ditandai dengan pembangunan Jembatan Linggamas.

Jembatan Linggamas membutuhkan dana sekitar Rp 19 M untuk mempermudah akses Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja ke Kecamatan Sokaraja, Banyumas. Sekarang, akses di Desa Petir, Kecamatan Sokaraja sedang dilebarkan.

Akses Jembatan Linggamas sendiri sudah dilengkapi dengan penerangan jalan, meskipun belum terang sepenuhnya. Untuk proyek dari Purbalingga dan Banyumas ini bersumber dari duit Pemerintah Provinsi Jateng, Pemkab Purbalingga dan Banyumas.

“Pada tahun 2017 ini juga telah dilaksanakan peningkatan ruas jalan Kembangan menuju akses bandara,” kata Tasdi, Sabtu 18 November 2017.

Baca: MoU Pembangunan Bandara Soedirman Sudah, Ini Langkah Selanjutnya

Nah, selain akses Jembatan Linggamas dan peningkatan ruas jalan di Desa Kembangan, Pemkab Purbalingga juga sedang menyiapkan pembangunan jalan baru di Desa Wirasaba. Dananya Rp 6,5 M dari Pemprov Jateng.

Selain itu, Pemkab Purbalingga juga sedang menyelesaikan pengadaan tanah tahap I untuk penambahan landasaan bandara dengan duit mencapai Rp 15 M. Untuk tahap kedua akan dikerjakan tahun depan dengan dana yang nilainya hampir serupa.

“Kami tengah menyelesaikan pengadaan tanah untuk pembangunan jalan baru ruas jalan Desa Tidu menuju bandara dengan anggaran Rp 2,6 M,” kata Bupati Tasdi.

Selain pemerintah kabupaten dan provinsi, PT Angkasa Pura (AP) juga telah menyiapkan anggaran Rp 350 miliar untuk membangun berbagai sarana prasarana pendukung seperti runway, taxiway, terminal dan sarana lainnya.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan